Minggu, 29 Juni 2014

20 Macam Variasi Kolak Untuk Berbuka Puasa + Resep

Opening dulu gan ,kali ini ane mau bagi bagi info bukan tentang bus bandros ya gan  tapi sesuai judulnya yaitu 20 macam variasi kolak, agan pasti udah ga asing kan namanya kolak? bosen dengan kolak yg itu itu aja? ini kumpulan alternatif kolak nya gan silahkan disimak ya lumayan dalam sebulan ga sama kolaknya 
Quote:Macam-macam kolak. Kolak merupakan makanan khas Indonesia yang pas untuk menu berbuka puasa. Hampir disetiap daerah di tanah air memiliki menu kolak dengan ciri khas sendiri-sendiri. Namun yang pasti, kolak terdiri dari kuah santan sedangkan isian nya bisa bermacam-macam. Dibawah ini adalah beberapa jenis resep kolak yang bisa dijadikan referensi untuk menu berbuka puasa. Kolak bisa disajikan dingin dengan menambah es batu atau disajikan hangat.




Quote:1. Kolak Pisang
Spoiler for Kolak 
Quote:Yah kalau kolak yg satu ini udah ga asing lagi kan di telinga semuanya? menurut ane ini adalah kolah terpopuler dalam urutan satu karna setiap orang pasti tahu dan sudah merasakannyaQuote:Bahan:
200 gram ubi merah, dipotong-potong
200 gram singkong, dipotong-potong
400 gram gula merah, disisir halus
2 lembar daun pandan, dibuat simpul
2 buah pisang tanduk, dipotong miring
100 gram kolang kaling, direbus
50 gram nangka, dibelah dua memanjang
1 sendok teh garam
1.500 ml air
800 ml santan dari 1 butir kelapa parut


Cara membuat:

-Rebus air, ubi, dan singkong sampai matang. Masukkan gula merah, dan daun pandan. Masak sampai mendidih.
-Tambahkan pisang dan kolang kaling. Masak sampai mendidih dan matang.
-Masukkan nangka, garam, dan santan. Masak sambil diaduk sampai meresap.


Quote:2. Kolak Candil Ketan 
Spoiler for Kolak 
Quote:Yang kedua ini juga pasti udah ga asing kan, ane sebenrnya bingung ini kolak atau bukan tapi masukin aja deh Quote:Bahan Membuat Candil Ketan
tepung ketan 140 g
air 100 ml
garam 1/2 sdt
santan kental 100 ml + 1/4 sdt garam

Larutan gula merah :
tepung ketan 1 sdt
tepung beras 1 sdm
gula merah 120 g
air 450 ml
daun pandan 2 lembar ( buat simpul )
garam 1/2 sdt


Cara membuat Kolak Candil Ketan
Kuah santan : Rebus santan dan garam sampai mendidih sambil diaduk aduk, angkat, sisihkan.
Membuat Candil ketan : Campurkan tepung ketan dan garam, aduk sampai rata lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai bisa dibentuk. Bulatkan sebesar kelereng, sisihkan.
Larutan gula : Rebus air, gula, daun pandan dan garam sampai mendidih, angkat dan saring.
Rebus lagi larutan gula sampai mendidih, masukkan bola bola ketan yang telah dibuat, tunggu sampai bola mengapung.
Selanjutnya masukkan tepung ketan dan tepung beras sambil diaduk aduk sampai kental. ANgkat.
Siapkan mangkuk saji, ambil kolak candil ketan ke mangkuk, tuangkan kuah santan


Quote:3. Kolak Labu
Spoiler for Kolak 
Quote:Bahan dan bumbu :
350 gram labu kuning, potong-potong
150 gram nangka matang, dipotong-potong
100 gram kolang-kaling, dibelah dua memanjang
150 gram kurma, iris jadi 2 bagian
150 gram gula merah
50 gram gula pasir
500 ml santan
1 lembar daun pandan
2 batang kayu manis
3 butir cengkeh
garam
500 ml air bersih

Tata Cara Membuat Kolak Labu :
- Langkah awal; Rebuslah air dan masukan gula merah, gula pasir, daun pandan. Masak hingga gula cair. cicipi manisnya, Angkat, lalu saring.
- Kemudian masak lagi dan masukkan labu kuning dan kolang-kaling. Masak hingga labu empuk.
- Lalu tambahkan santan, cengkeh, kayu manis dan garam, aduk aduk rata.
- Terakhir beri buah kurma dan nangka, masak hingga mendidih.cicipi lagi manisnya, angkat,selesai.


Quote:4. Kolak Ubi Jalar
Spoiler for Kolak 
Quote:Kolak Ubi ya sebnernya mencakup semua ubi yg penting ubi ya gan, ini kolak kedua terfavorit ane gan, ni resepnya Quote:Bahan dan Bumbu
1 buah ubi jalar besar, dipotong kotak
400 ml santan cair
400 ml santan kental
150 gram gula jawa
1 sendok makan gula pasir
secukupnya garam
secukupnya Daun pandan
Secukupnya air


Cara membuat Kolak ubi Jalar
* Langkah awal; Rebus gula jawa(merah), gula pasir, garam dan daun pandan hingga mendidih.
* terus Masukkan ubi jalar, masak hingga ubi 1/2 matang lalu Masukkan santan kental dan cair
* Terakhir Masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk aduk supaya santan tidak pecah.cicipi, kalau ada yang kurang tambahkan, angkat.beres


Quote:5. Kolak Durian
Spoiler for Kolak 
Quote:Entah udah pada tau atau belum tapi kolak ini memang ada, ane pun baru tau tadi lihat di pinggir jalan dengan rasanya yg manis dan tentunya aroma durian yg khas Quote:Bahan – Bahan Membuat Kolak Durian :
Durian 2 buah ( ukuran sedang , kupas , ambil isinya )
Santan 750 gram
Gula merah 200 gram ( sisir halus )
Gula pasir 100 gram
Daun pandan 2 lembar
Garam ¼ sdt
Air 200 ml


Cara Membuat Kolak Durian :
Rebuas air dengan gula merah sampai larut dan mendidih. Angkat lalu saring.
Didihkan kembali gula merah cair bersama santan dan gula pasir. Aduk – aduk agar santan tidak pecah. Selanjutnya masukkan durian. Aduk – aduk sampai rata.
Masak sampai mendidih. Aduk sesekali sampai buah durian terlepas dari bijinya. Angkat.
Sajikan selagi hangat.


Quote:6. Kolak Kolang Kaling
Spoiler for Kolak 
Quote:Biasanya emang kolang kaling dipadukan dengan isian kolak lannya tapi bagi yg hanya ingin kolang kaling nya saja beisa di coba yg ini Quote:Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
125 gram gula merah, disisir halus
50 gram gula pasir
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
3 lembar daun pandan
250 gram kolang-kaling, dicuci bersih, ditiriskan


Cara Pengolahan :
Rebus gula merah, gula pasir, santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.
Tambahkan kolang-kaling. Rebus sampai matang di atas api kecil sambil diaduk sampai kolang – kaling meresap.
Quote:


Quote:7. Kolak Singkong
Spoiler for Kolak 
Quote:Resep Kolak Singkong . Aneka kolek Secara makanan ini tak boleh absen saat berbuka puasa sehingga cuma singkong pun gak apa-apa yang penting agan siapkan sebagai pelepas dahaga tenggorokan agan setelah seharian untuk saum. silahkan buka-buka saja ganQuote:Bahan yang diperlukan :
1 Buah singkong, kupas, potong-potong, cuci bersih
185 gram Santan kara
secukupnya Maizena
secukupnya Gula merah
secukupnya Pasir
Beberapa lembar daun pandan
secukupnya Air


Cara Membuat Kolak Singkong
* Langkah awal : Rebus singkong sampai matang, istirahatkan
* Rebus air lalu masukkan daun pandan, gula merah dan santan.
* Masukan juga singkong matang ke dalam kuah kolak tadi
* Langkah akhir, masukkan maizena yang sudah dilarutkan air. aduk-aduk biar campur rata, cicipi manisnya, Diamkan sampai mengental dan mendidih.angkat.beres


Quote:8. Kolak Apel
Spoiler for Kolak 
Quote:Baru denger gan? sama ane juga, ane pun belum coba rasanya gimana, kalau penasaran simak nih resep sama cara buatnya gan, perpaduan tekstur apel dengan manisnya gula Quote:Bahan kolak Apel :
4 buah Apel
250 gr gula aren
20 gr santan
gula pasir secukupnya
garam secukupnya
2 cm jahe
air secukupnya


Cara membuat kolak Apel :
Bersihkan apel dari kulitnya. Potong apel berbentuk dadu.
Kemudian rebus apel yang sudah dipotong bersama gula pasir.
Setelah beberapa saat, masukkan gula aren dan garam.
Campurkan dengan santan. Aduk-aduk hingga rata. Usahakan santan tidak pecah.


Quote:9. Kolak Es Kolak Kacang Hijau
Spoiler for Kolak 
Quote:Kolak ini beda tentunya kalau yg sebelumnya paling enak kalau disajikan dengan es batu alias dingin, simak gan selanjutnyaQuote:Bahan:
100 gram kacang hijau, direndam, direbus sampai empuk dan mekar
50 gram kolang kaling direbus, diiris
25 gram sagu mutiara warna merah
1 buah ubi merah, dipotong kotak
2 lembar daun pandan
150 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1.000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
500 gram es batu


Cara membuat:

Didihkan santan sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan ubi, kolang kaling, dan daun pandan sampai setengah matang.
Tambahkan gula pasir dan garam. Masak sampai matang. Dinginkan.
Tuang ke mangkuk. Masukkan sagu mutiara dan es batu. Sajikan.


Quote:10. Kolak Cendol Ubi
Spoiler for Kolak 
Quote:Udah ga asing kan sama cendol? apalagi cendol nya kaskus jangan lupa kasih ane cendol ya gan kalau udah kita simak cara dan resep kolak cendolnya gan Quote:Bahan Cendol:
100 gram ubi ungu, dikukus, dihaluskan
25 gram tepung hunkwee
1/8 sendok teh garam
1.500 ml air untuk merebus


Bahan Pelengkap:
1 buah pisang tanduk, dipotong serong tebal 2 cm
3 buah nangka, dipotong panjang


Kuah Santan:
1.500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
300 gram gula merah, disisir
3 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam


Cara Pengolahan :

Cendol: campur ubi ungu, tepung hunkwee, dan garam. Ambil sedikit adonan. Pilin seperti cendol.
Didihkan air. Masukkan cendol. Rebus sampai matang dan terapung. Angkat dan tiriskan.
Kuah santan: rebus santan, gula merah, daun pandan, nangka, dan garam sampai mendidih. Masukkan pisang tanduk. Masak sampai matang dan meresap.
Menjelang diangkat, masukkan cendol. Aduk rata. Sajikan hangat.


Quote:11. Kolak Biji Salak Ubi Ungu
Spoiler for Kolak 
Quote:Bahan:
250 gram ubi ungu kukus, haluskan
100 gram tepung sagu
1/2 sendok teh garam
2 sendok teh air

Bahan Saus:
1.000 ml air
200 gram gula merah, sisir
2 lembar daun pandan, ikat
1 sendok teh garam
15 gram tepung sagu dan 80 ml air, larutkan


Saus Santan:
300 ml air santan, dari 1/4 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan


Cara membuat:

Campur ubi, tepung sagu, garam, dan air. Aduk rata.
Bentuk bola kecil pipihkan sedikit. Sisihkan.
Saus, rebus air dan gula merah sampai larut. Saring. Masukkan daun pandan dan garam. Masak sampai mendidih.
Masukkan bola-bola ubi. Masak sampai terapung. Kentalkan dengan tepung sagu. Masak sampai meletup-letup dan kental.
Saus santan, rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
Sajikan biji salak bersama saus santan.


Quote:12. Kolak Ketan Kelapa Muda
Spoiler for Kolak 
Quote:Bahan ketan:
200 gram beras ketan, rendam
1 jam 100 ml air
1 lembar daun pandan, disimpulkan
1/8 sendok teh garam


Bahan kolak:
350 gram gula merah, disisir halus
2 lembar daun pandan, disimpulkan
1/2 sendok teh garam
1500 ml santan dari 1 butir kelapa
200 gram kelapa muda, dikeruk lebar
100 gram kolang-kaling
5 buah nangka, diiris panjang
30 gram sagu mutiara merah


Cara membuat:
1. Ketan: kukus beras ketan 15 menit sampai merekah.
2. Rebus air, daun pandan, dan garam sampai mendidih. Tambahkan ketan kukus. Aduk sampai terserap.
3. Kukus 30 menit sampai matang. Angkat dan bentuk bola-bola.
4. Kolak: rebus gula merah, daun pandan, garam, dan santan sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan kelapa muda, kolang kaling, nangka, dan sagu mutiara merah. Masak dengan api kecil sampai meresap.
5. Sajikan ketan di siram dengan kuah kolak..


Quote:13. Kolak Bola Pelangi
Spoiler for Kolak 
Quote:BAHAN BOLA-BOLA:
300 gr ubi putih, kupas, kukus dan haluskan
100 gr tepung sagu
1/2 sdt garam
100 gr kolang-kaling
2 sdt pewarna merah
2 sdt pewarna hijau
1/2 sdt pewarna kuning
BAHAN KUAH:
500 ml santan
200 gr gula merah, sisir
1 lembar daun pandan, buat simpul
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam


CARA MEMBUAT KOLAK BOLA PELANGI:
1. Bola-Bola: Campur ubi yang sudah dihaluskan dengan
garam, dan tepung sagu, lalu aduk sampai tercampur rata.
2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian beri pewarna hijau. satu bagian beri pewarna merah dan satu bagian beri warna kuning, aduk sampai warna tercampur rata. Bentuk bulat adonan satu persatu sebesar kelereng, lalu sisihkan.
3. Masak air sampai mendidih, rebus bola-bola secara bergantian sampai mengapung, lalu angkat dan tiriskan.
4. Kuah: Masak santan sampai mendidih bersama dengan vanilli bubuk, daun pandan, gula merah, dan garam, sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
5. Masukkan bola-bola ubi dan kolang-kaling, aduk rata. Masak sampai mendidih kembali lalu angkat.

Sajikan hangat.


Quote:14. Kolak Sagu Mutiara
Spoiler for Kolak 
Quote:Bahan Kolak
Pisang Sagu Mutiara
300 gram pisang dipotong-potong
100 gram kolang kaling
250ml santan kental dari 1 1/2 butir kelapa
250 gram gula pasir
Garam secukupnya
1 lembar daun pandan
15 gram sagu mutiara

Cara Pengolahan Kolak Pisang Sagu Mutiara:
1. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan merebus santan encer kemudian anda dapat menambahkan gula pasir, garam, daun pandan sambil diaduk sampai mendidih dan harum.
Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang Sagu Mutiara
2. Lanjutkan dengan memasukan bahan pisang, kolang kaling, bersama dnegan sagu mutiara dan masak sampai matang. Tuang santan kental. Masak sampai matang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya