Senin, 30 Juni 2014

Mengupas tuntas kapal legendaris R.M.S TITANIC (pic+++)

yang ane buat khusus untuk para kaskuser yang cinta dengan dunia pelayaran 



" Titanic adalah kapal yang tidak akan tenggelam bahkan tuhan tidak sanggup menenggelamkannya "


Quote:Quote:PROFIL RMS TITANIC
Quote:
Queen of the Ocean
Quote:RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang super Britania Raya yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912 setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City. Tenggelamnya Titanic mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang dalam salah satu bencana maritim masa damai paling mematikan sepanjang sejarah. Titanic merupakan kapal terbesar di dunia pada pelayaran perdananya. Satu dari tiga kapal samudra kelas Olympic dioperasikan oleh White Star Line. Kapal ini dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Kapal ini sanggup mengangkut 2.224 penumpang.

Quote:LATAR BELAKANG
Quote:R.M.S Titanic
Quote:Dibangun di Belfast, Irlandia, Kerajaan Bersatu, RMS Titanic adalah kapal kedua dari tiga kapal samudra kelas Olympic - sisanya adalah RMS Olympic dan HMHS Britannic (aslinya bernama Gigantic). Ketiganya adalah kapal terbesar dalam armada perusahaan perkapalan Britania White Star Line, yang terdiri dari 29 kapal uap dan tender pada tahun 1912. Tiga kapal tersebut lahir dalam sebuah perbincangan pada pertengahan 1907 antara kepala White Star Line, J. Bruce Ismay, dan hartawan Amerika Serikat J.P Morgan . Jajaran kapal ini dibangun oleh galangan kapal Belfast, Harland and Wolff, yang sudah punya hubungan lama dengan White Star Line sejak 1867 dengan biaya sebesar £3 juta.Harland and Wolff menempatkan para desainer utamanya dalam perancangan kapal kelas Olympic. Perancangan ini diawasi oleh Lord Pirrie, direktur Harland and Wolff dan White Star Line; arsitek laut Thomas Andrews, direktur pelaksana departemen desain Harland and Wolff; Edward Wilding, wakil Andrews dan bertanggung jawab atas penghitungan desain kapal, keseimbangan dan kerapiannya; dan Alexander Carlisle, kepala juru gambar kapal dan manajer umum. Tugas Carlisle adalah dekorasi, perlengkapan dan semua pengaturan umum, termasuk penerapan desain derek sekoci yang efisien.

Pada tanggal 29 Juli 1908, Harland and Wolff mempresentasikan sketsanya kepada J. Bruce Ismay dan para eksekutif White Star Line lainnya. Ismay menyetujui desain tersebut dan menandatangani tiga "surat perjanjian" dua hari kemudian yang mengizinkan pembangunan kapal


Quote:SPESIFIKASI
Quote:
Titanic side plan
Quote:Terdapat 29 ketel dipanaskan oleh 159 perapian batu bara yang mampu menghasilkan kecepatan sampai 23 knot (43 km/j). Hanya tiga dari empat cerobong kapal setinggi 19 meter (63 kaki) yang berfungsi; cerobong yang keempat digunakan sebagai lubang udara, dan untuk memperlihatkan kehebatan kapal. karena ia juga mengirim surat, maka namanya diberi penambahan kata depan RMS (Royal Mail Ship) dan juga sebagai kapal uap – SS (Steam Ship).
Titanic terbagi atas 16 kompartemen, dibatasi oleh dinding baja. Tujuannnya adalah agar dapat menahan air apabila salah satu kompartemen kebanjiran, dan kompartemen lainnya tetap kering. Titanic di desain agar tidak tenggelam jika hanya 4 kompartemen yang banjir, namun saat tenggelam teknisi melaporkan bahwa 5 kompartemen tergenang.

Spoiler for Titanic Design

Spoiler for kompartemen titanic

Spoiler for Perbandingan titanic



Quote:FASILITAS MEWAH
Quote:
Titanic cutaway plan
Quote:Titanic memiliki fasilitas yang cukup mewah berupa kolam renang yang berisi air laut proses, sebuah ruang olahraga, lapangan squash, ruang merokok dan bar, perpustakaan, tukang cukur, kafe teras, dan bermacam fasilitas makanan. Akomodasi penumpang beragam, dari kamar massal kelas tiga sampai apartemen khusus yang berisi kamar – kamar tidur, ruang duduk dan minum, kamar mandi, bahkan perpustakaan, semua ada. Banyaknya hidangan untuk semua kelas penumpang menawarkan pilihan yang banyak. Empat kali makan dalam sehari adalah biasa, bahkan di kelas tiga sekalipun. Di kemewahan ruang makan kelas satu, sebelas hidangan dapat disajikan setiap malamnya! Santapan biasanya dimulai dengan kerang dan burgundy putih. Berikutnya sup, lalu ikan, hidangan utama berupa daging sapi atau ayam, lalu hidangan utama kedua berupa daging kambing dengan saus mint, bebek panggang dengan saus apel, atau sirloin ata daging sapi.
Minuman atau es serut buah menyusul, diikuti hidangan kecil ketujuh, kedelapan, dan kesembilan seperti burung dara panggang dan sayuran, asparagus dingin, dan pate de foie gras ( dibuat dari hati angsa gemuk ). Pilihan hidangan penutup mencakup puding Waldorf, eclair coklat dan vanilla, es krim Prancis, dan buah persik dalam jelly. Hidangan kesebelas adalah ragam buah segar dan keju tua. Makan malam ditutup dengan teh atau kopi, dan para pelayan menawarkan para lelaki pilihan cerutu. Pada malam berikutnya, menu yang sama sekali berbeda akan disediakan untuk para tamuPersediaan “hotel” Titanic meliputi 45.000 lap, 50.000 handuk, 18.000 seprai, 7.500 selimut, 5.000 taplak, 800 selimut kapas, 12.000 pisau, 12.000 garpu, 19.000 sendok, 400 wadah krim, 1.000 mangkuk, 12.000 cangkir dan alasnya, 1.200 poci teh dan 2.500 gelas sampanye.

Spoiler for Foto Fasilitas kelas satu titanic
Spoiler for Gym

Spoiler for First class dining room

Spoiler for Grand Staircase

Spoiler for Grand staircase

Spoiler for Restaurant

Spoiler for First class cabin

Spoiler for Lounge



Quote:KONSTRUKSI
Quote:Olympic dan Titanic di galangan kapal Belfast
Quote:Pembangunan Titanic dan Olympic dilakukan secara bersamaan dan terpisah, dengan lambung Olympic pertama diletakkan pada 16 Desember 1908 dan lambung Titanic pada tanggal 31 Maret 1909. Kedua kapal dibangun selama 26 bulan dan melalui proses konstruksi yang sama.Meski Titanic tampak identik dengan kapal saudara sebelumnya, Olympic, sejumlah perubahan dilakukan untuk membedakan kedua kapal.
Perubahan yang paling mudah dikenali adalah bahwa Titanic (dan kapal saudara selanjutnya, Britannic) memilikii bingkai baja dengan jendela geser di sepanjang setengah depan teras A Deck. Jendela ini dipasang pada menit-menit terakhir atas permintaan pribadi Bruce Ismay, dan bertujuan untuk memberi perlindungan tambahan bagi penumpang kelas satu. Perubahan-perubahan ini menjadikan Titanic secara marjinal lebih berat ketimbang kapal saudaranya, dan dapat mengklaim diri sebagai kapal terbesar yang berlayar pada masa itu.
Pekerjaan ini lebih lama daripada yang diharapkan akibat perubahan rancangan yang diperintahkan Ismay dan penundaan sementara karena perbaikan Olympic, yang mengalami tabrakan pada September 1911. Jika Titanic sudah rampung dari dulu, kapal ini nantinya mungkin tidak menabrak gunung es.

Spoiler for Foto konstruksi Titanic
Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 



Quote:CREW
Quote:
Officers of Titanic
Quote:Titanic memiliki sekitar 885 awak kapal untuk pelayaran perdananya.Kapten Edward John Smith, kapten paling senior di White Star Line, ditransfer dari Olympic untuk mengambil alih kendali Titanic. Henry Tingle Wilde juga ditarik dari Olympic untuk bertugas sebagai Chief Mate. Chief Mate dan First Officer Titanic sebelumnya, William McMaster Murdoch dan Charles Lightoller, diturunkan pangkatnya masing-masing ke First dan Second Officer.
Awak Titanic dibagi menjadi tiga departemen utama; Dek, dengan 66 awak; Mesin, 325 orang; dan Makanan, 494 orang. Mayoritas awak kapal bukan pelaut, tetapi teknisi, pemadam kebakaran atau tukang api yang bertugas mengawasi mesin, atau pelayan dan staf dapur yang bertugas melayani penumpang. Dari jumlah tersebut, lebih dari 97% di antaranya adalah pria; hanya 23 awak yang wanita, biasanya bertugas sebagai pelayan.Sisanya mewakili beragam profesi – tukang roti, koki, tukang daging, tukang ikan, pencuci piring, pengurus, instruktur gimnasium, petugas binatu, pelayan, pengatur tempat tidur, tukang bersih-bersih dan bahkan pencetak, yang mencetak harian Atlantic Daily Bulletin untuk penumpang dengan berita-berita terkini yang disampaikan melalui operator nirkabel kapal.

Gaji awak kapal sangat beragam, mulai dari Kapten Smith sebesar £105 per bulan (sama dengan £7.704 hari ini) hingga £3 10s (£257 hari ini) yang diterima pelayan. Staf makanan yang dibayar rendah bisa menambah gaji mereka melalui tip dari penumpang.

Spoiler for Kru Titanic

Spoiler for Kapten Edward Smith

Spoiler for kru dan penumpang

Spoiler for Titanic Orchestra




Quote:Passenger
Quote:
John Jacob Astor IV dan istrinya adalah orang terkaya di Titanic.
Quote:Penumpang Titanic mencapai 1.317 orang: 324 di Kelas Satu, 284 di Kelas Dua, dan 709 di Kelas Tiga. 869 (66%) di antaranya adalah pria dan 447 (34%) wanita. Ada 107 anak-anak yang menumpang, kebanyakan adalah penumpang Kelas Tiga. Titanic dianggap belum mencukupi kapasitas pada saat pelayaran perdananya, karena kapal ini mampu menampung 2.566 penumpang – 1.034 di Kelas Satu, 510 di Kelas Dua dan 1.022 di Kelas Tiga.
Sejumlah orang berpengaruh saat itu memesan tiket Kelas Satu Titanic. Termasuk di antaranya adalah miliuner Amerika Serikat John Jacob Astor IV bersama istrinya Madeleine Force Astor, industrialis Benjamin Guggenheim, pemilik Macy's Isidor Straus bersama istrinya Ida, miliuner asal Denver Margaret "Molly" Brown, Sir Cosmo Duff Gordon bersama istrinya, couturière Lucy (Lady Duff-Gordon), pemain kriket dan pebisnis John Borland Thayer bersama istrinya Marian dan anaknya Jack, Countess of Rothes, penulis dan sosialita Helen Churchill Candee, jurnalis dan aktivis reformasi sosial William Thomas Stead, penulis Jacques Futrelle bersama istrinya May, dan aktris film bisu Dorothy Gibson. Pemilik Titanic, J. P. Morgan dijadwalkan ikut dalam pelayaran perdananya, tetapi menyatakan batal pada menit terakhir. Selain itu, ada juga direktur pelaksana White Star Line J. Bruce Ismay dan desainer Titanic Thomas Andrews, yang ikut untuk mengamati masalah kapal dan menilai kinerja kapal baru tersebut secara umum.Jumlah pasti penumpang kapal tidak diketahui karena tidak semua pemesan tiket benar-benar naik ke kapal; sekitar lima puluh orang membatalkan perjalanannya dengan berbagai alasan, dan tidak semua penumpang tetap berada di kapal sepanjang perjalanannya.
Tarif penumpang Titanic sangat bervariasi. Tarif Kelas Tiga dari London, Southampton, atau Queenstown adalah £7 5s (sama dengan £532 hari ini), sementara tarif Kelas Satu termurah adalah £23 (£1.688 hari ini). Kamar Kelas Satu paling mahal memakan biaya £870 pada musim liburan (£63.837 hari ini).

Spoiler for Boarding Pass Titanic

Spoiler for Foto penumpang titanic
Spoiler for Daftar Penumpang

Spoiler for Bruce Ismay Direktur White Star Line


Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 
Spoiler for 

Spoiler for 



Quote:PERGI DAN TENGGELAM
Quote:Rute pelayaran perdana Titanic, disertai koordinat tenggelamnya kapal.
Quote:Pada hari Rabu 10 April 1912, pelayaran perdana Titanic dimulai.Sebuah kecelakaan nyaris dihindari beberapa menit kemudian ketika Titanic berlayar di samping kapal SS City of New York dan Oceanic yang sedang berlabuh.Kedua kapal menghindari tabrakan dengan beda jarak sekitar 4 kaki (1.2 m). Insiden ini menunda keberangkatan Titanic selama satu jam, sementara New York yang hanyut berhasil dikendalikan.

Spoiler for Titanic v Oceanic


Titanic telah berlayar sejauh 484 mil laut (557 mi; 896 km); hari selanjutnya, 519 mil laut (597 mi; 961 km); dan pada siang hari terakhir pelayarannya, 546 mil laut (628 mi; 1,011 km). Sejak itu sampai waktu tenggelamnya, kapal ini telah berlayar sejauh 258 mil laut (297 mi; 478 km) dengan kecepatan rata-rata 21 knot (24 mph; 39 km/jam).

Kronologi tenggelam dari 14 – 04 – 1912
Quote:Tenggelam

jam 9 pagi
Titanic menerima peringatan dari Caronia tentang gunung es yang berada di jalurnya.
11.30 pagi
Rencana latihan kapal dibatalkan
Siang hari
Titanic telah menempuh 546 mil dalam 24 jam terakhir.
13.30 siang
Petugas kedua Reginald Barker mengatakan kepada seorang penumpang Lawrence Beesley bahwa kecepatan kapal mengecewakan.
Sekitar 11 malam
Titanic mendapat pesan dari Californian, 35 mil arah barat laut, bahwa mereka dihalangi dan “dikelilingi es”. Kapal White Star Line itu menolaknya.
23.40 malam
Titanic, meluncur dengan kecepatan 22 knot, dan menabrak Gunung es di sisi kanannnya.

Spoiler for Gunung Es titanic

00.15 dini hari
Titanic mengirim pesan, dengan perkiraan posisi lintang 41,46 U, bujur 50,24 B
00.25 dini hari
Posisi kapal dikoreksi menjadi 41,46 U , 50,14 B. panggilan CQD ( CQD adalah kode panggilan darurat ) dari Titanic yang diterima kapal Carpathia berbunyi : ” datang segera. Kami telah menabrak gunung es”.

Spoiler for Carpathia

00.26 dini hari
Api tungku dipadamkan untuk mendinginkannya sebelum kontak dengan air. Suara uap yang ditiup keluar lewat cerobong sangat berisik.
00.30 dini hari
Titanic kepada kapal Californian “Katakan kepada Kapten anda untuk menolong kami. Kami berada di es”

Spoiler for Kapal Penolong Titanic

00.35 dini hari
Lampu – lampu kapal yang mendekat terlihat. Perintah untuk menembakkan roket diberikan.
00.45 dini hari
Sekoci penyelamat pertama, nomor 7 di sisi kanan, diluncurkan.
00.55 pagi
Perahu penyelamat 6 dan 5 diluncurkan di sisi yang berlawanan dengan Titanic.
01.00 pagi
Perahu penyelamat 3 diluncurkan. Awak kapal masih “berdiri santai“.Menurut juru tungku Alfred Shiers yang pergi dengan perahu 3, “Mereka tidak menganggapnya serius”.
01.10 pagi
Perahu 8 diperintahkan untuk mendekati cahaya di sisi kiri. Perahu 1 berangkat dari sisi kanan hanya dengan dua belas penumpang.
01.25 pagi
Olympic menanyakan saudaranya: “Apakah Anda mengarah ke selatan untuk menemui kami?” Titanic menjawab: “Kami mengirimkan para wanita dengan perahu”.
01.45 pagi
Pesan terakhir dari Titanic ditangkap Carpathia, bergegas menuju lokasi tapi masih berjam – jam lagi. “Ruang mesin penuh sampai mencapai tungku”.
01.50 pagi
Perahu penyelamat 2, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15 dan 16 telah berangkat. Hanya lima perahu tersisa.
01.55 pagi
Perahu 4 diluncurkan. Kapten Smith mengatakan kepada para petugas nirkabel bahwa mereka telah melaksanakan semua tugas.
2 pagi
Direktur Manajemen White Star Line, Bruce Ismay, berangkat dengan perahu lipat C. Ratusan penumpang, termasuk wanita dan anak – anak, tetap di kapal.
02.05 pagi
Perahu lipat D berangkat. Penumpang lain berusaha mengambil perahu A dan B dari atap ruang perwira.
02.20 pagi
Perahu A terseret, penuh air; perahu B terbalik karena ombak. Titanic tenggelam.


Total korban yang tewas dalam kecelakaan Titanic 1.490 orang, dari 2.201 penumpang. Hanya 711 orang yang berhasil diselamatkan. Sungguh tragis, mengingat Inggris waktu itu adalah negara yang mempunyai teknologi pelayaran yang canggih, namun tidak mampu mencegah bencana ini.
Rencana awal Titanic membawa 48 sekoci penyelamat, tapi akhirnya hanya menyediakan 20 yang jika terisi penuh dapat mengangkut hanya 1.200 jiwa, namun kenyataannya ketidaksiapan dan kepanikan menyebabkan hanya 711 orang yang terangkut.


Quote:EPILOG
Quote:
Berita duka
Quote:Pencarian kapal dilakukan segera setelah Titanic tenggelam,Akhirnya pada 1985, pencarian pun berakhir saat sebuah ekspedisi Prancis-Amerika menemukan lokasi persis bangkai kapal. Sisa – sisa RMS Titanic kembali terlihat untuk pertama kalinya setelah 73 tahun, berkat peralatan rekam dalam air.

Penyebab tenggelamnya Titanic disebabkan bukan oleh sebuah lubang besar, melainkan sayatan tipis menjalar sepanjang haluan yang kemudian menyebabkan air menggenangi sebagian besar haluan.

Spoiler for Ilustrasi



Quote:THE UNSINKABLE
Quote:

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 

Spoiler for 


“Manusia Hebat bisa menciptakan Besi sebesar itu mampu mengapung di lautan,tetapi kekuasaanNya jauh lebih dahsyat,Maha Dahsyat,…Hanya dalam hitungan detik kapal itu musnah oleh bongkahan es”

Terima kasih Kepada Sumber 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya