Senin, 21 November 2011

Begini Membuat Steak Rumahan Rasa 'Bintang Lima'

  • Memanggang daging untuk membakar steak sebagiknya tidak dibolak-balik berkali-kaliPerbesar FotoMemanggang daging untuk membakar steak sebagiknya tidak dibolak-balik berkali-kali
REPUBLIKA.CO.ID, Ingin cara paling praktis menyiapkan hidangan spesial bagi keluarga? Cobalah membuat steak sendiri di rumah. Asal cermat memilih dagingnya, Anda akan bisa menyajikan steak ala hotel 'bintang lima' di rumah Anda.
Bagaimana memilih daging yang pas? Chef Vindex Tengker menyarankan agar hanya daging jenis prime cut yang dijadikan steak. "Yaitu bagian rib eye, tenderloin, maupun sirloin. Ketiga bagian tersebut merupakan bagian daging terempuk dari sapi, sehingga sangat pas dibuat steak,” katanya.
Cara membuat steak sangat mudah, cukup garami daging sesaat sebelum dipanggang, kemudian mulai dipanggang setelah daging dilumuri minyak. Namun, proses penggaraman juga tidak boleh terlalu lama, maksimal 30 menit. "Karena, jika terlalu lama jus dari daging justru akan keluar," katanya.
Perlu diingat, jangan meletakkan daging pada panggangan yang belum panas karena akan membuat daging lengket, tunggulah panggangan benar-benar panas. Lumurilah daging dengan minyak, bukan panggangannya.  Setelah matang, diamkan daging sejenak sebalum akhirnya dipotong dan disajikan.
Di Indonesia, umumnya orang mengkonsumsi steak dengan kondisi well done atau very well done, yaitu daging benar-benar matang. Namun menurut chef Vindex, konsumsi daging paling baik adalah pada kondisi medium atau medium well, yaitu dimana bakteri sudah mati namun kandungan gizi dalam daging masih terjaga. Untuk membuat daging pada kondisi medium atau medium well, panaskan daging pada suhu 145 derajat Farenheit.
Ia juga berpesan, saat memanggang daging steak, pastikan hanya membalik satu kali saja. Caranya, panggang daging sekitar tiga menit pada kedua sisi. “Jika kedua sisi daging dirasa masih kurang matang, jangan dibolak-balik, tapi matangkan dengan oven,” kata chef Vindex.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya