Senin, 07 November 2011

Wow! Zona waktu indonesia dipercepat 3 jam



sekilas info, sehubungan dengan akan diadakannya konvensi internasional guna membahas pergantian acuan waktu dunia yang sebelumnya menggunakan Greenwicht Mean Time (GMT) sebagai patokan menjadi Mekkah Mean Time (MMT) *semoga saya tidak salah penyebutan*

sedikit info mengenai GMT dari id.wikipedia.org
Quote:
Waktu Greenwich (baca: pronunciation (bantuan·info); ejaan Inggris: [ˈɡrɛnɪtʃ] GREN-itch, /ˈɡrɛnɪdʒ/ GREN-idge, /ˈɡrɪnɪdʒ/ GRIN-idge) atau Greenwich Mean Time atau GMT adalah rata-rata waktu surya seperti yang dilihat dari Royal Greenwich Observatory(Observatorium Kerajaan di Greenwich), yang terletak di Greenwich, London, Inggris, yang melalui konvensi dikenal terletak di 0 derajat garis bujur. Secara teori, tengah hari GMT adalah saat di mana matahari melewati Meridian Greenwich (dan mencapai titik tertinggi di langit di Greenwich). Karena bumi memiliki kecepatan yang tidak teratur dalam orbit lonjongnya, kejadian ini (tengah hari di Greenwich) bisa 16 menit berbeda dari waktu matahari nyata (apparent solar time) (perbedaan ini dikenal sebagaipersamaan waktu). Namun tengah hari Greenwich ini diambil rata-ratanya sepanjang tahun, dengan menggunakan waktu matahari.
advertising by google

>>>>>>>>>> baca lanjutan info GMT dari id.wikipedia.org
sebagai bentuk simbolisasi dari keseriusan dari mekkah, kini telah dibangun jam raksasa di atas gedung Abraj Al Bait Tower. Selain berambisi menjadi acuan waktu dunia, pemerintah Arab ingin jam ini menjadi acuan waktu bagi 1,5 miliar Muslim di seluruh negara, termasuk Indonesia.

Spoiler for tampilan:


Menara Mekkah tersebut mulai berdetak pada 12 Agusutus 2010, Menara Jam Mekkah ini memiliki kesamaan bentuk dengan Jam ini bisa dilihat dari empat arah. dengan lebarnya 45 meter dan memiliki dua juta lampu LED. di jam tersebut ada tulisan Arab besar “Dengan nama Allah.”

menara jam tersebut memiliki ketinggian sekitar 600 meter dan akan menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia.dan keunikan lainnya ialah setiap datang waktu salat, 21 ribu lampu hijau dan putih akan berpendar-pendar. Ini tanda untuk mengingatkan kaum muslimin untuk salat. Lampu ini bisa dilihat dari jarak 18 mil atau 28,8 kilometer.

dengan perubahan zona waktu dari GMT menjadi MMT maka waktu di indonesia secara internasional yang awalnya GMT +7 akan menjadi GMT + 5 atau yang nantinya MMT + 5 , namun hal tersebut masih belum disepakati oleh seluruh negara. mari kita nantikan kelanjutannya kawan kawan akankah tetap menggunakan GMT atau akan memakai standard MMT sebagau acuan waktu dunia.

klo dampak rillnya bisa baca-baca di sini gan
Quote:
cekidot
Spoiler for sumber:
http://syahrul.web.id/zona-waktu-indonesia-dipercepat-3-jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya