Senin, 24 September 2012

INILAH 9 MITOS AGAR CEPAT HAMIL

 - Ada beragam mitos yang banyak beredar di masyarakat sebagai tips untuk pasangan yang ingin cepat memperoleh keturunan atau cepat hamil. Sebagian mitos memang terbukti dan juga diakui secara ilmiah. Namun tak jarang pula mitos yang justru memberikan informasi yang keliru.
cara paling ampuh dan aman agar cepat hamil dan mengandung
Apa saja itu? Temukan infonya di sini..

1. Berhubunganlah Minimal 2-3 x Seminggu Bila Ingin Cepat Hamil
# BENAR
Terlepas dari mengetahui tidaknya masa subur, tips ini cukup bermanfaat jika diterapkan secara konsisten bagi pasangan yang ingin cepat memperoleh keturunan. Mengapa?
Karena dengan berhubungan minimal 2-3 x dalam seminggu dengan asumsi jarak antar hubungan berada di tengah minggu, sperma akan memiliki kemungkinan hidup 3x (2-3 hari) dalam seminggu. Hal ini berarti hampir tidak adanya hari di mana sperma absen dalam serviks, kecuali pada masa tidak subur tentunya. Sehingga bila saatnya sel telur dihasilkan/ ovulasi, sperma sudah siap untuk langsung membuahi.

2. Untuk Cepat Hamil, Berbaringlah ke Arah Kanan Segera Setelah Selesai Berhubungan
# SALAH
Berbaring ke kanan atau ke kiri tidak akan terlalu berpengaruh pada perjalanan sperma bertemu sel telur, mengingat posisi saluran telur yang berada di atas rahim. Cara yang terbaik adalah sedikit mengangkat panggul dengan mengganjalnya dengan bantal kecil (bukan bantal besar) dan mengangkat kedua kaki ke atas dalam posisi terlentang selama 5-10 menit segera setelah selesai berhubungan. Cara ini diharapkan dapat menahan sperma lebih lama di liang vagina dan membantu mempercepat perjalanan sperma ke saluran telur.

3. Bila Ingin Cepat Hamil, Segeralah Berhubungan Setelah Selesai Menstruasi
# TIDAK SEMUA BENAR
Tergantung masa ovulasinya. Jika masa ovulasi pendek, maka hal itu bisa terjadi, karena hampir tidak adanya masa tidak subur. Namun agak sulit jika masa ovulasinya panjang. Mengapa?
Karena sesaat setelah berakhirnya menstruasi, dinding rahim sebenarnya justru akan merapat dan menutup serta diikuti dengan tidak adanya sekresi/ kelenjar, salah satu faktor pendukung yang melancarkan perjalanan sperma. Vagina akan dalam kondisi kering selama beberapa hari. Menebalnya dinding rahim ini juga akan menyumbat jalan masuknya sperma. Masa ini akan berlangsung selama 3-5 hari disebut sebagai masa tidak subur. Berhubungan pada masa ini tidak dapat menghasilkan kehamilan.

4. Wanitalah yang Menentukan Jenis Kelamin Bayi
# SALAH
Yang menentukan jenis kelamin bayi adalah sperma sang calon ayah karena sperma laki-laki lah yang mengandung kromosom X dan Y yaitu kromosom penentu jenis kelamin bayi. Sedangkan sel telur ibu bersifat netral. Namun mengingat perbedaan sifat kedua kromosom ini, maka wanita bisa membantu meningkatkan potensi kehamilan untuk jenis kelamin bayi yang dipilih dengan menciptakan suasana vagina yang diinginkan oleh masing-masing kromosom dan mengatur waktu berhubungan yang meningkatkan potensi kehamilan bagi jenis kelamin bayi yang diinginkan.

5. Makan Taoge Bikin Cepat Hamil
# BENAR
Karena taoge mengandung Vitamin B6 salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatur hormon reproduksi. Namun tentu saja mengkonsumsi taoge saja tidaklah cukup. Dibutuhkan beberapa nutrisi lainnya untuk mendukung dan meningkatkan potensi kehamilan seperti zat seng, zat besi, asam folat, vitamin E dan C, yang terkandung di beberapa jenis makanan seperti seafood, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau, dan beberapa jenis lainnya.

6. Tamballah Gigi yang Lubang Jika Ingin Cepat Hamil
# BENAR
Meskipun belum adanya kebenaran yang absolut mengenai hal ini, namun beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara kesehatan gigi dan gusi dengan kesehatan rahim.
Bahkan adanya penelitian yang pernah menunjukkan bakteri yang sama dengan bakteri yang terdapat pada lubang gigi ditemukan di rahim dan saluran telur. Beberapa dokter kandungan juga meyakini kebenaran ini dan menyarankan pasiennya untuk menutup lubang giginya bila ada.

7. Olahraga Jalan Cepat Bikin Cepat Hamil
# BENAR
Jenis olahraga ringan seperti berenang atau jalan cepat dapat membuat tubuh menjadi lebih fit dan sehat. Di samping itu juga dapat membantu mengendalikan berat badan mengingat berat tubuh ideal juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh supaya cepat hamil. Wanita dengan berat tubuh yang ideal akan lebih mudah untuk hamil dibanding wanita yang mengalami masalah dengan berat badannya. Terlalu gemuk atau terlalu kurus menyebabkan wanita menjadi lebih sulit untuk hamil.

8. Bila Ingin Bayi Kembar, Berhubunganlah 2 x Dengan Jarak Waktu yang Singkat
# SALAH
Kemungkinan kelahiran bayi kembar lebih disebabkan karena pengaruh sperma dan sel telur saat dibuahi. Dapat berupa kembar satu sel telur (identik) atau dua sel telur. Salah satu alasan ilmiah yang masih bisa diterima adalah kemungkinan adanya penurunan gen kembar.

9. Adopsi Anak Supaya Cepat Hamil
# BELUM DIBUKTIKAN ILMIAH
Meskipun belum benar-benar dibuktikan secara ilmiah, namun beberapa pasangan telah membuktikan kemanjuran tips yang satu ini. Pendapat medis menyatakan kehadiran anak adopsi sebenarnya lebih berpengaruh ke faktor psikologis pasangan terutama sang ibu. Karena ketegangan emosi dan depresi sang ibu berkurang sehingga berpengaruh positif bagi kondisi psikologisnya. Mengingat stress juga salah satu penyebab sulitnya kehamilan, maka berkurangnya stress dapat membantu meningkatkan produksi hormon yang akan mengoptimalkan fungsi sistem reproduksi sehingga pada akhirnya dapat mempercepat terjadinya kehamilan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya