Selasa, 25 Maret 2014

Udah Pernah Kena Cacar Air Belum?

Buat informasi aja buat yang belum tau. Yang uda tau juga gpp deh. 
TS mau nanya nih, agan/sist udah pernah kena cacar air waktu kecil blum?


Spoiler for Cacar Air

Quote:

Penyakit cacar air muncul akibat salah satu jenis virus herpes yang umumnya dikenal sebagai varicella zoster. Menyerang seseorang yang tidak punya kekebalan tubuh, atau kekebalan tubuhnya sedang rendah.
Biasanya penyakit ini menyerang waktu kita kecil. Penyebarannya lewat batuk/bersin (udara) dan juga lewat sentuhan kulit atau baju yang dikenakan si penderita (kontak fisik).
Gelaja permulaannya, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing.
Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.
Pencegahannya tentu imunisasi waktu umur 12 bulan, tapi dianjurkan juga bagi umur 12 tahun yang belum memiliki kekebalan tubuh.


Nah gimana kalau agan/sist yang belum mengalami waktu kecil? 
Karena saat dewasa penyakit ini kondisinya bisa menjadi lebih serius dan kadang-kadang menyebabkan komplikasi mematikan seperti pneumonia (radang paru) dan ensefalitis (infeksi otak)

Quote:Tapi jangan khawatir, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan cacar air pada orang dewasa.

Spoiler for Pencegahan


Spoiler for 1

Quote:
1. Menjauh dari mereka yang terinfeksi
Mending jaga jarak deh agan/sist klo ada orang yang sedang terinfeksi cacar air.
Soalnya virus cacar air menyebar lewat udara sama kontak fisik.
Lebih baik menjaga daripada mengobati.



Spoiler for 2

Quote:
2. Menjaga kebersihan rumah dan tubuh
Kebersihan itu keadaan bebas dari kotoran termasuk debu, sampah dam bau.
Penting menjaga kebersihan agar terhindar dari kuman penyakit yang berbahaya yang menempel pada tubuh maupun benda disekitar kita.
Selain itu kebersihan juga sebagian dari iman.


Spoiler for 3

Quote:
3. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah
Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar.
Lebih baik konsumsi brokoli dan labu karena bisa mencegah timbulnya cacar air.
Sayuran ini juga mampu membantu tubuh melawan virus varicella.


Spoiler for 4

Quote:
4. . Minum air kelapa dan air lemon
Jaga tubuh tetap bersuhu normal selama musim kemarau, misalnya dengan rajin minum air kelapa murni.
Selain itu, minuman lain yang bisa Anda manfaatkan adalah air lemon. Lemon mengandung asam untuk melawan bakteri jahat yang menurunkan tingkat kekebalan tubuh


Spoiler for 5

Quote:
5. Cukup minum air putih
Air putih merupakan minuman yang paling baik dan menyehatkan untuk tubuh kita.
Fungsi air putih adalah meningkatkan energi saat beraktivitas, membantu membuang racun dalam tubuh lewat urine, menjaga berat badan,
membuat kulit terlihat segar, baik untuk kesehatan tulang, dan membantu penyerapan makanan.



Quote:
Untuk pengobatan sendiri, cacar air ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi ada baiknya kita konsultasi ke dokter agar dapat pengobatan yang lebih baik dengan obat atau salep tertentu

Selain itu juga ada hal-hal yang harus agan lakukan juga bila agan/sista terkena cacar:


Spoiler for Cekidot


Quote:
Spoiler for 1


1. Hindari menggosok atau menggaruk cacar
Tentu bila agan/sist gosok atau menggaruk cacar akan meninggalkan bekas cacar 


Quote:
Spoiler for 2


2. Potong kuku
Misalkan sedang tidur ga sengaja kegaruk jadi aman bagi kulit.


Quote:
Spoiler for 3


3. Kenakan pakaian yang longgar
Ini biar kulit kita ga lecet saat kulit gesekan dengan pakaian. Menghindari pecah tuh cacar air.


Quote:
Spoiler for 4


4. Cobalah berendam di dalam bak mandi yang berisi tepung maizena.
Katanya tepung maizena bisa menenangkan kulit.


Quote:
Spoiler for 5


5. Hindari cahaya sinar matahari yang terlalu menyengat dan udara yang lembab
Cahaya matahari yang terlalu menyengat dan udara lembat katanya dapat memperburuk penyakit cacar 



Quote:Karena banyak yang menanyakan, apakah bila pernah kena akan terkena lagi? Ini jawabannya dari seorang dokter langsung.
Spoiler for Dokter Menjawab

Jika sudah kena cacar air maka tidak akan kena lagi, itu nggak juga. Jika saat itu sistem kekebalan sedang menurun dan di lingkungan sekitar ada yang kena cacar, maka bisa saja orang yang sudah pernah kena cacar air ia kena lagi," terang dokter Ratna Kumalasari dalam acara diskusi Cegah Cacar Air dengan Sistem Imun Tubuh yang Kuat yang diselenggarakan KidZania bersama Stimuno di KidZania Jakarta, Sabtu (28/9).

Dokter Ratna menjelaskan, cacar air bisa menyerang kembali saat dewasa dikarenakan virus varisela zoster, virus penyebab cacar air masih tersimpan pada sumsum tulang belakang dalam bentuk dormain atau tidak aktif.

Virus simpanan ini terjadi pada semua orang yang sudah terkena cacar air yang pertama.

Namun ketika ini terinfeksi kembali, dokter Ratna mengatakan, ini tidak bisa dikatakan sebagai cacar air melainkan herpes zoster.

"Jadi waktu kecil dikatakan sebagai cacar air, jika ini muncul kembali setelah dewasa ini dinamakan herpes zoster, jadi beda serotype-nya," jelas dokter yang selain membuka praktek di rumahnya sejuga berprofesi sebagai Information Manager PT Dexa Medica ini.

Dokter Ratna mengatakan, seringkali orang menyalahartikan herpes zoster sebagai cacar air. Meski memiliki bentuk sama yaitu berupa bintil-bintil atau kulit yang melenting, namun ini tetap memiliki perbedaan.

"Kalau cacar air muncul di seluruh permukaan tubuh, kalau herpes zoster biasanya muncul hanya di beberapa bagian tubuh dan sifatnya bergerombol," katanya.

Ratna menjelaskan, kedua jenis penyakit ini erat kaitannya dengan sistem imunitas tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh sedang menurun maka virus varisela akan mudah sekali menginfeksi. Apalagi jika di lingkungan sekitar ada yang mengalami cacar.

Jika saat masih kecil kekebalan tubuh dalam kondisi selalu baik maka bisa saja cacar air tidak menyerang. Sebaliknya ada yang orang yang sudah dewasa baru terkena cacar air.

"Karena orang dewasa mungkin kekebalan tubuhnya sudah mulai menurun, maka bisa saja ini baru menyerang saat dewasa," kata dokter yang mengaku belum pernah terkena cacar air ini. [mor]


Sumber

Quote:
Makasih Udah Berkunjung Ke Thread Sederhana TS. Mudah-mudahan bermamfaat !!!

Mampir juga ke Sabuk Ramah Lingkungan dari Tutup Kaleng Bekas !! ini yah !!



Sumber
Wikipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya