Selasa, 15 April 2014

motor Harely Davidson yang belum juragan tau


Maaf Repost, tapi ane mau jelasin sejarah HD dari pertama sampai sekarang.

Tahun 1903, Pemuda Amerika
Spoiler for FOUNDER

bersepakat untuk menciptakan transportasi sepeda bermesin untuk transportasi (pada saat itu masih banyak jalan ga rata) dalam gudang dekat rumah mereka 
Spoiler for Pabrik pertama

ukuran pabrik cuma 5 x 3m saja

mereka di bantu Davidson bersaudara berhasil membuat sepeda motor dan menamakan nya HARLEY-DAVIDSON, gabungan keluarga Harley dan Davidson, berikut penampakan motor pertama
Spoiler for HD1903
terlihat masih adanya kayuh sepeda pada mesin

mereka memproduksi motor tersebut secara masal setelah mereka berhasil memenangkan perlombaan ketahanan motor dalam segala medan, dan memindahkan pabrik mereka dengan kapasitas produksi lebih besar, akibat permintaan yang sangat banyak.

HD tidak hanya memproduksi motor yang sudah ada, tetapi mengembangkan dengan membuat mesin dengan kapasitas besar yaitu 1000cc dan bentuk nya seperti huruf "V" dengan kemiringan mesin 45 derajat, dari bentuk mesin V menghasilkan suara yang unik yang menjadi ciri karakter mesin HD dan mematenkanya. Banyak yang meniru bentuk dan tampilan dari HD tetapi tidak untuk suara mesinnya. 
Spoiler for V pertama 1909

HD 1000cc HT 1911





HD berkembang hinga pada saat Perang dunia, presiden Amerika menginstruksikan HD untuk menciptakan motor untuk membantu peperangan tersebut, HD membuat Inovasi untuk produk terbaru mereka saat itu dimana semua di buat secara fungsional berikut penampkannya 
Spoiler for WL/WLC/WLA 1940-1956

bentuk tangki lebih besar dengan bentuk tetesan air (Tear droop) material lebih kokoh, ada system steer lock untuk pengendara bisa menembak musuh tanpa harus berhenti, ban lebih besar, engine guardl Side bar, besi melengkung di kiri kanan depan belakang, gunanya untuk melindungi pengendara ketika terjatuh tidak tertimpa motornya, box amunisi di atas ban depan, presneling ada di samping kiri tanki, dan kopling di kaki kiri, type ini hanya 3 tingkat percepatan.
berikut tampilan wl/wlc/wla pada g\motor harian







mesin yang digunakan IronHead 750cc

setelah perang selesai, HD tidak kehabisan akal, mereka berinovasi untuk kendaraan niaga, dan sosial seperti kepolisian.
Spoiler for model lain
triki 1961

di karenakan banyak kompetitor HD membuat motor dengan berbagai model, HD tidak mau kalah, mereka membuat HD Scooter Topper, kemudian bekerjasama dengan pabrikan Italia untuk menguasai pasaran motor dunia. berikut produk HD yang juragan belum tau
Spoiler for Produk lain
Aermacchi 125cc

HD Moped 1956

Untuk menarik minat konsumen, HD membuat beberapa variant sesuai fungsi dan selera konsumen. berikut 4 type HD yang ada sampai saat ini.



Spoiler for ELECTRA
ELECTRA GLIDE CLASIC, cirinya fullbox atau biasa di sebut bager dan full music
yang ini namanya ELECTRA GLIDE ga pake nama clasic, ciri hanya side box saja, ada juga yg pakai box center tapi tanpa radio tape.
POLICE ELECTRA GLIDE
ciri dari type electra faringnya melindungi sampai seluruh stang motor, selain itu speedo meter letaknya di faring tersebut, biasanya di tangki nya.

tahun 2010 HD mengeluarkan kembali type Triki nya, 


TYPE HERITAGE

Spoiler for HERITAGE

Type Heritage lebih langsing dari electra, dan yang menjadi ciri utama type ini shock brekernya di umpatin di bawah, tampilan motor terlihat rigid seperti type WL, hanya saja type WL ada per di sadelnya.  posisi dari shokbreker heritage.HERITAGE SOFTAIL
HERITAGE SPRINGER SOFTAIL perbedaan pada fork depan, springer ada pernya dan lebih ribet.
HERTGAE SPRINGER SOFTAIL CLASIC perbedaan tampilan lebih mirip electra. FAT BOY, masih satu type dengan Heritage, ciri menonjol pada Fatboy, lampu utama menyatu dengan fork depan seperti org gemuk ga keliatan lehernya gan...

ROAD KING modelnya gan...






TYPE DYNA

Spoiler for DYNA
ciri dari type DYNA adanya double shockbreker di belakang dan berbentuk per (Spiral) jika electra di copot sideboxnya, pernya agak lebih maju dan bentuknya tabung. varian ini lebih mirip dengan Sportster hanya beda di mesin saja tampilan mesin bawah lebih banyak tekukan di banding sportster
  


TYPE SPORTSTER 883cc DAN 1200cc

Spoiler for SPORTSTER
Variant terakhir ini di peruntukan buat agan wati, karena body lebih ramping dan jarak sumbu roda lebih pendek. ada 2 type Sportster di bedakan berdasarkan kapasitas mesin yaitu 883 dan 1200

type 883cc Ciri dari type ini sama dengan Dyna, hanya saja spedometer di stang, dan bagian bawah mesin tidak banyak lekukan. untuk variant yang lain menggunakan mesin 1430 cc dr tahun 1980 an sampai 2003 tahun 2003 dampai sekarang 1560cc







perbedaan 1200 dan 883 ada pada bentuk tanki, 1200 lebih panjang dan 883 lebih ke atas, selain itu panjang block mesin berbeda.


setelah mencetak 4 variant HD terancam bangkrut di karenakan konsumen lebih memilih pruduk jepang, di karenakan harga lebih murah, FYI Salah satu kompetitor HD yaitu INDIAN tahun 1956 bangkrut dan di beli pihak Jepang dan berganti nama Kawasaki. 

HD terancam bangkrut di tahun '80an dan akan di beli Jepang, namun Presiden Amerika melarang dan membantu HD dengan keringanan Pajak, selain itu bantuan dana segar juga di berikan pemerintah.
HD tahun 1990an, kembali bangkit dan memproduksi bukan haya motor, tetapi perlengkapan dan aksesoris HD, Di Indonesia juga ada perkumpulan pecinta HD tapi tidak memiliki motornya namanya IPAH, Ikatan Penggemar Accesoris Harley.

Spoiler for aksesoris
 





Setelah di dukung oleh presiden dan pemerintah Amerika HD terus melakukan inovasi pada mesin dan tampilan motornya, mulai dari single engine, Double Engine V-twin, Iron Head, Flat Head, Knuckle HEad, Pan HEad, Twincam 88, dan sekarang EVO. 
HD juga mengadakan pertandingan dan kompetisi, dirtytarck (balapan di lintasan berpasir, balpan track lurus, dan lain2. 
berikut ini foto2 HD yang ane rangkum untuk juragan penggemar HD.
Spoiler for HARLEY GAN


Pada Tahun 2002 menjelang perayaan 100 thn HD, HD kembali berinovasi, memberikan yang beda pada produk baru mereka, dan melahirkan Type bungsu yaitu Type V-ROD. 

TYPE V-ROD

Pengembangan dari model Balap HD mengaplikasikan untuk kendaraan harian, dan menggunakan mesin yang berbeda dari 4 type diatas, dimana perbedaan dari sudut tidak lagi 45 derajat, tapi sudah 60 derajat. dengan tambahan pendingin air (Radiator) 
Spoiler for V-ROD


Secara keseluruhan tampilan berbeda dengan 4 Type pendahulunya, dan V-ROD merupakan hadiah 100th HD utk konsumen nya.











Perkembangan HD Di Indonesia dimulai pada kendaraan operasional PasPamPres IR. Sukarno, dan mulai banyak di pakai untuk dinas kepolisian. Selain itu, Komedian Indro WARKOP ikut bertanggung jawab, selama dia bermain film, selalu menggunakan t-shirt HD.

Spoiler for TERSANGKA


Ada Cerita dr bang Indro Warkop, dia pernah nemu HD WLA di tukang rongsokan,
Spoiler for Ilustrasi

dia beli itu HD WLA di kiloin, dapet harga Rp.900rb, di benerin sampai habis 60 - 70 jt, lagi jalan2, Bang Indro distop sama bule, di suruh minggir, katanya minta foto, di pikir bang Indro, dia dah tenar sampai luar negri pas dah gaya di samping WLAnya, itu bule bilang, " Maaf tolong anda minggir saya mau foto motornya saja..." begitu ceitanya. karena pada saat itu sangat jarang WLA bisa hidup (Nyala).



Ada 3 Club Besar HD di Indonesia

Harley Owner Group, klo agan beli motor HD di showroom resmi seperti Mabua HD agan otomatis jadi membernya.


Kalo agan mau jadi membernya HDCI, harus punya Motor HD minimal sudah electick stater, klo belum agan masuk ke Club yang satu lagi yaitu :

 
ini dia gan, klo agan punya HD masih Kick Stater alias di engkol 
Ikatan Sport Harley Davidson, kegiatan nya seperti atraksi2 seperti ini gan.

ada juga HD citarasa Indonesia 
Spoiler for HD BATIK

 lihat detailing Catnya juragan,, di batik, ada ukiran leak bali di mesinnya .. keren yah...

demikian info tentang 

Sekarng ini, montir HD di permudah dengan adanya sistem komputeris di motor HD, cukup plug kabel data ke motor dan sudah terdeteksi kesalahan dan masalah di motor HDnya... 



Inilah tampilan HD terbaru... 

sedikit Bonus Buat Juragan... (no JEBMEN)
Spoiler for BONUSSS.... BB dikit



























HD berawal menggunakan mesin Single engine yang masih mengguakan pedal sepeda untuk menghidupkannya. terakhir dengar bahwa di Indonesia masih ada orang yang pakai motor ini, dan dalam kondisi nyala. Infonya mesin ini berbahan bakar karbit...??? belum ada penjelasan pastinya.

Spoiler for MESIN HD


1940 an, mesin ini dinamakan FLAT HEAD dan di pakai untuk perang dunia untuk type WL/WLC/WLA. kopling di kaki kiri, dan presnelingnya di samping kiri tangki, ada 3 tingkat percepatan.


mesin pertama untuk doble engine atau "V"twin. dan menghidupkannya masih memakai kayuh sepeda.



DIagram penggunaan type mesin.


mesin HD yang di gunakan untuk Sccoter Topper.
ifo terakhir, HD akan mengembangkan type scooternyaberiku penampakannya



Tidak tau pasti kapan akan masuk ke Indonesia dan harganya bisa saja lebih mahal... 




1928 engine


1947 Knucle Head (kepalan Tangan)


Pan Head (pantat panci)

1957 PanHead

Evolution Engine



hingga sekarang mesin ini masih di gunakan dan kabar terakhir kapasitas mesin dari 1340cc menjadi 1540 cc.
Banyak juga rider yang bore up sampai 2200cc menggunakan kompnen after market khusus mesin HD diantaranya S&S dan Screaming Eagle.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya