Jumat, 04 April 2014

Uniquely INDONESIA, AGATS Kota Di Atas Papan

Quote:Quote: HOLA AMIGO 
Hayo, siapa yang waktu SD-SMA suka dapet tugas gambar PETA BUTA?
Kalo yang pernah gambar pasti tau sama peta yang satu ini.
Coba tebak ini pulau apa?

Spoiler for Hayo Ini Pulau Apa?
Quote:Kebangetan deh kalo ga tau nama pulau yang satu ini 
Tapi kali ini ane bukan mau bahas petanya gan, tapi satu titik merah yang ada di gambar atas.
Apa ya kira-kira 
Yuk ane perbesar dulu gambarnya, cekiprot:

Spoiler for Zoom
Spoiler for Zoom Lagi

Wah uda keliatan jelas kan gan 
Pasti agan-agan sekalian mengira tanda merah itu adalah Sungai / Muara / Laut
Tapi sebenarnya itu adalah sebuah kota gan!

Ya, inilah Kota AGATS, kota di atas Papan
Kenapa menggunakan papan? Karena kota ini berdiri di atas rawa-rawa, bukan di daratan gan 
Papan yang dimaksud disini adalah Papan yang terbuat dari kayu gan!
Tapi bukan sembarang kayu lho 
Mulai dari jalanan antar lokasi, lapangan, kantor pemerintahan, rumah warga, pasar dan lain lain, semua beralaskan papan
 
UNIQUELY INDONESIA
Quote:Quote:Sebelum melihat foto-fotonya,
ane mau bahas sedikit tentang SEJARAH Kota Agats
Agats merupakan sebuah wilayah dari kabupaten Asmat gan!
Quote:ASAL MULA NAMA AGATSQuote:Waktu itu gan, sekitar tahun 1938 kondisi Asmat yang berlumpur dan peperangan antar masyarakatnya, pada awalnya tidak menarik perhatian dan dipandang sebelah mata oleh Pemerintah Belanda.
(tahun 1938 Indonesia masih belum merdeka, masih dalam jajahan Belanda gan)
Kemudian baru diketahui bahwa seluruh Asmat menyimpan berbagai macam kekayaan alam yang luar biasa.
Selain keunikan pola hidup peramu yang animis dengan representasi dalam berbagai bentuk ritual dan ukiran.
Di beberapa titik terdapat sumber minyak bumi.
Hutan-hutan ditumbuhi berbagai macam pohon bakau, palma, pandan, kayu besi yang bagus untuk bangunan dan kayu gaharu yang mahal harganya.
Di tengah hutan terdapat rimbunan pohon sagu
yang dimanfaatkan sebagai makanan pokok.
Sungai-sungai dan lautnya kaya akan berbagai macam ikan, udang,
kepiting dan buaya dll.

Baru pada awal 1900-an wilayah Selatan Papua (dulu Irian Jaya) termasuk Asmat mulai dilirik dan dieksplorasi.
Kemudian untuk kepentingan keamanan maka pada tahun 1936 Pemerintah Belanda membangun pos pemerintahan di Asmat.
Bapak Felix Maturbongs yang diangkat menjadi Bestir Assistant di Agats (1938-1943) mendatangkan tukang-tukang dari Kei untuk membangun kompleks Pos Pemerintahan di Agats.
Oleh orang Asmat, pos pemerintahan itu disebut Akat (baik, bagus).
Kata Akat kemudian berubah menjadi Agats
(karena lidah orang Belanda sulit menyebut Akat).

Nah itulah asal mula kota ini dinamakan AGATS gan 
Quote:Kayu yang digunakan untuk fondasi disini cukup unik, adalah Kayu Besi!
Kayu yang semakin ditancapkan ke dalam rawa, semakin lama akan semakin kuat gan!
Oleh karena kuatnya kayu tersebut, maka terciptalah kota ini,
kota yang sangat unik dengan arsitektur sederhana yang menakjubkan
 
Quote:Quote:Berikut beberapa foto-foto dari Kota AGATSQuote:
Spoiler for Alun-Alun Kota

Alun-Alun Kota
Nih gan, bahkan alun-alun kota aja beralaskan papan, menakjubkan sekali bukan? 
Quote:

Spoiler for Kantor Bupati

Kantor Bupati
Kantor bupatinya pun ga kalah keren nih, semua terbuat dari kayu jg.
Quote:

Spoiler for Pasar Traditional I

Spoiler for Pasar Traditional II

Pasar Tradisional
Pasar yang cukup sempit namun selalu ramai dikunjungi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Pertumbuhan Ekonomi di kota ini sangat pesat, warganya yang cukup Konsumtif membuat perekonomiannya meningkat terus.
Quote:

Spoiler for Binatang Buruan

Bawa barang hasil buruan gan 
Quote:

Spoiler for Transportasi I

Spoiler for Transportasi II

Alat Transportasi airnya nih gan, pake Perahu / Sampan yang modelnya cukup panjang dan ramping 
Quote:

Spoiler for Landasan Udara

Kota ini juga punya Landasan Udara sendiri lho!
Tapi tentunya khusus kapal berukulan kecil aja gan 

Spoiler for Narsis

Narsis dulu gan 
Quote:

Spoiler for Persimpangan Jalan

Ini salah satu persimpangan jalannya gan
Quote:

Spoiler for Rumah Tertata Rapi

Rumah-rumah warganya nih, rapi jg ya bangunannya baris 
Quote:

Spoiler for Jalan Kota

Jalur transportasi darat, bisa dilewatin motor jg gan 
Quote:

Spoiler for Tempat Ibadah

Ada tempat ibadahnya jg nih gan
Quote:

Spoiler for Tampak Dari Jauh

Foto Kota Agats dari Kejauhan
Quote:

Spoiler for Dermaga

Ada Dermaganya jg gan, wihh keren 
Quote:

Spoiler for Warga Agats

Beberapa warga kota Agats nih
Quote:

Spoiler for Ibu dan Anak

Seorang ibu sedang menggendong anaknya
Tong, elu itu tong? 
Quote:Quote:KESIMPULANQuote:Dari beberapa gambar di atas, apa yang bisa agan ambil?
Apakah ada sesuatu dari kota itu?


Ya, itulah salah satu alasan saya membahas kota AGATS ini.
AGATS adalah KOTA MASA DEPAN

Mengapa saya sebut KOTA MASA DEPAN?
Seperti kita ketahui di atas, bahwa kota ini didirikan di atas sebuah rawa,
dengan cara membuat panggung-panggung dari papan kayu, sehingga keadaan dan kondisi rawa tetap seperti aslinya
lahan/tanah tidak habis tertimpa bangunan, sehingga masih dapat berfungsi untuk menanam / penghijauan.
Tanah yang kosong bisa dimanfaatkan untuk menanam sayur, buah dan lain-lain.

Coba Kota Jakarta dijadiin Kota Panggung Seperti ini,
kira-kira Banjir nggak ya? 
Quote:Quote:TAMBAHANQuote:Kesenian ASMAT sangat terkenal di luar negeri
SANGAT-SANGAT Terkenal dan dikagumi
Bahkan beberapa negara di Eropa sana sengaja membuat sebuah
Museum Khusus untuk menampilkan kesenian dari ASMAT
Seperti beberapa website berikut:
www.asmat.de
www.wamena-gallery.com
Dan masih banyak lagi, coba cari Google deh 

Quote:NEGARA KITA SELALU DIKAGUMI
KARENA KEUNIKANNYA
KARENA PERBEDAANNYA
KARENA KEBERADAANNYA
OLEH KARENA ITU MARILAH KITA JAGA INDONESIA KITA
AGAR SELALU MENJADI YANG LEBIH BAIK
 
 Klik Banner Untuk Mampir Ke Markas Kami 
Quote:Quote:TAMBAHAN KASKUSERQuote:Original Posted By SooYoung32 

BONTANG-KALIMANTAN TIMUR

Spoiler for BK


Spoiler for kalo malam gan


Spoiler for dari atas gan


*Pembangunan masih Berlanjuut*

Spoiler for BK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya