Rabu, 05 September 2012

Awas Main HP/Tablet Sebelum Tidur Berbahaya!   
 
by Amy on 2012-08-29 01:08:44

Menggunakan gadget elektronik untuk hanya dua jam dapat menyebabkan masalah tidur, para peneliti telah menguaknya.
Studi baru dari Lighting Research Center (LRC) di Rensselaer Polytechnic Institute, percaya tampilan Handphone atau tablet menyebabkan penekanan melatonin.
Melatonin adalah bahan kimia yang mengontrol jam tubuh kita.
Mereka percaya remaja sangat rentan terhadap masalah ini.
"Studi kami menunjukkan bahwa paparan dua jam untuk cahaya dari tapilan elektronik self-luminous dapat menekan melatonin sekitar 22 persen," kata Mariana Figueiro, associate profesor di Rensselaer dan direktur Cahaya LRC dan Program Kesehatan.
"Merangsang sistem sirkadian manusia untuk tingkat ini dapat mempengaruhi tidur pada mereka yang menggunakan gadget sebelum tidur," kata Figueiro.
Tim peneliti menguji efek dari self-luminous tablet pada penekanan melatonin.


Dalam rangka untuk mensimulasikan penggunaan typical dari perangkat ini, 13 individu menggunakannya untuk membaca, bermain game, dan menonton film.
Penindasan melatonin yang sebenarnya adalah setelah 60 menit itu sangat mirip dengan yangperkiraan untuk menghabiskan satu jam di bawah sinar matahari dan tidak dianggap signifikan.
Namun, setelah paparan dua jam ada penekanan yang signifikan.
Saat ini para peneliti menyerukan produsen gadget untuk menguji bagaimana produk mereka bisa mempengaruhi pola tidur.

Tim percaya penelitian ini dapat menyebabkan gadget baru dan layar yang dapat mempengaruhi tidur kita.
"Di masa depan, produsen mungkin dapat menggunakan data dan model prediktif untuk merancang tablet untuk disesuaikan eksposur cahaya siang hari yang meminimalkan gejala gangguan afektif musiman, dan gangguan tidur kedepannya," tulis para peneliti.
Individu akan dapat menerima perawatan ringan sambil bermain game atau menonton film, membuat terapi cahaya jauh lebih menyenangkan daripada hanya duduk di depan kotak cahaya.
Tim peneliti menetapkan bahwa durasi paparan dan jarak antara mata dan layar, yang menentukan jumlah cahaya yang mencapai bagian belakang mata, mempengaruhi tingkat melatonin.

(DAILYMAIL.CO.UK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya