Senin, 29 September 2014

Koleksi Foto Hitam Putih Indonesia Jaman Hindia Belanda

Agan dan Aganwati, ane jenuh dengan berita-berita politik, berita demo, rasanya mata lebih adem setelah melihat foto-foto Indonesia jaman penjajahan Hindia Belanda. Kalau Agan dan Aganwati punya koleksi foto, silahkan di upadate. Semoga dengan foto-foto ini bsia menimbulkan kembali rasa CINTA thd tanah air kita Indonesia. Indahnya berbagi. 


ini adalah foto Alun ALun Tjisurupan Garut. Tjisurupan adalah satu desa kecil arah Selatan Garut menuju Cikajang, Cisompet dan berakhir di laut Pameungpeuk. Latar belakang adalah Gunung Tjikuray, yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

 
Ini adalah Alun Alun Garut. Pada bagian kiri foto terdapat bangunan seperti gazebo itu adalah tempat bermain musik orang-orang Belanda, biasanya dilakukan pada hari Sabtu sore. Oleh orang Garut tempat ini disebut Babancong. Presiden Soekarno pernah beberapa kali pidato di babancong ini. Bagian tengah foto adalah bangunan Rumah Dinas Bupati Garut. Dan Paling kanan adalah bangunan Mesjid Agung Garut. Bentuk Banacong dan Rumah Dinas sampai sekarang masih tetap, tidak terlalu banyak perubahan. Sedangkan mesjid agung sudah berubah total. Latar Belakang adalah Gunung Tjikuray.


Gadis Belanda ini berfoto di Ngamplang Garut. Tampak mobil Ford dengan plat nomer "D", yaitu nomer Priangan. Di tempat ini, pada waktu itu terdapat Hotel mewah, yaitu Hotel Ngamplang. Sekarang Hotel itu sdh tidak ada, di bakar habis oleh para pejuang pada saat revolusi. Orang-2 terkenal pada jaman itu pernah menginap di Ngamplang. Akan ane tampilkan nanti foto-foto Hotel Ngamplang. Sekarang tempat ini adalah area lapangan Golf 9 hole saja.


ini adalah pemandangan dari Hotel Ngamplang ke arah kota Garut. Yang tersisa dari Hotel Ngamplang adalah tinggal kolam dengan air mancur ini yang masih ada hingga sekarang.



ini adalah Jalan Stasiun Garut. Sekarang jalan ini berganti nama menjadi Jalan Kenari. Disebelah kiri adalah Hotel Papandayan. Di Ujung Jalan ini adalah Stasiun Garut. Sekarang Stasiun KA ini sudah tidak beroperasi lagi. Foto diambil pada tahun 1920.
 

rumah para pegawai perkebunan Teh dayeuh manggung Garut. Kemungkinan Foto di ambil pada hari Jumat menjelang Shalat Jumat, terlihat para pekreja perkebunan menggunakan baju koko dan sarung akan pergi ke Mesjid. Sedangkan di latar depan Pejabat Perkebunan Belanda dengan celana selutut dan topi khas untuk pengawas perkebunan. Foto diambil tahun 1935
 

ini adalah foto Pemandian Tjipanas Garut. Saat itu masih sedikit bangunan, dan sebagian besar terdiri dari kolam-kolam besar. Orang Garut menyebutnya 'balong". Sekarang balong-2 ini sudah tidak ada, berganti dengan rumah penduduk dan hotel-2 kecil. Foto diambil pada tahun 1905.


ini masih foto di darah Tjipanas Garut. Kolam kolam air ini adalah kolam air panas dari mata air Gunung Tjipanas. Kolam ini berisi ikan air tawar yaitu ikan mas dan mujair yang bsia beradaptasi dengan air panas. Pohon-2 kelapa ini sampai tahun 1970 masih banyak terdapat disana, sekarang sudah habis Gan...foto diambil pd tahun 1924.

Ini adalah salah satu alat transportasi dari garut Menuju kota kota lain, yaitu menggunakan Tjikar. Biasanya menggunakan hewan Kerbau. Tapi di foto ini tidak tampak si Kerbau, mungkin Tjikar ini di hela oleh tenaga manusia. Salah satu nya mungkin kakek buyut ane dan agan-agan... Kaum Pria pada saat itu hanya memakai celana komprang, tanpa memakai baju. Koq kuat yaa..tidak masuk angin...Foto diambil pada tahun 1880



Djembatan Tjimanuk Garut tahun 1860, bentuk jembatan memakai atap.
 

ini adalah foto taman dari Hotel Papandayan Garoet. Letak Hotel sekarang adalah bank BNI dan toko Liong di perempatan jalan Ayani-Tjikuray dan Jalan Kenari. Hotel sudah di bakar habis pada saat Revolusi. Sayang ya Gan...padahal ini hotel kelas bintang 4. Foto diambil tahun 1920.
  
Ini adalah rumah salah satu pegawai perkebunan teh di Dayeuh Manggung garut, letak nya lebih ke Utara lagi dari Ngamplang, terletak di punggung Gunung Tjikuray. Pemandangan disini sangat indah, udaranya sangat segar dan sejuk. silahkan Agan dan Aganwati main kesini. Terdapat juga air terjun disini. Juga pemancar TVRI. Foto ini diambil pada tahun 1935. Dan rumah ini dulu ditempati oleh Familie Kokkeop, Afdeling dari Tea Plantation Dayeuhmanggung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya