Senin, 29 September 2014

Koleksi Foto Hitam Putih Indonesia Jaman Hindia Belanda

 

kembali lagi ini adalah foto aloen aloen garoet, diambil dari arah barat, bangunan berbentuk gazebo itu adalah Muziek Paviljoen, digunakan untuk bermain musik para meneer Belanda pada akhir minggu setelah lelah bekerja di perkebunan teh selama seminggu penuh. Foto tahun 1905.


kereta api uap, si Gombar jurusan Tjibatoe Garut

Pemandangan di jalan menuju kawah Telaga Bodas garoet. Foto tahun 1904


Ini adalah foto-2 truk pengangkut Teh hasil Perkebunan Teh DayeuhManggung Garut. Foto diambil tahun 1935. Hasil teh dari Garut di ekspor ke Belanda.


ini salah satu kamar VIP di Hotel Papandayan Garoet, merupakan type deluxe, bentuknya seperti rumah kecil, dengan ruang tamu dan dapur, dinamakan kamar Matjan. Foto tahun 1920.

foto di Situ Tjangkuang di Leles garoet tahun 1900.


petani di perkebunan Kina Gunung Daradjat Garut. Foto tahun 1920


Tuan dan Nyonya Belanda ini bersitirahat dulu . Mobil jaman itu tidak terlalu kuat untuk perjalanan jauh, harus beberapa kali istirahat agar mesin tidak panas dan air radiator biasanya harus di tambah. Ini didaerah anatara leles dan kadungora Garoet. foto tahun 1935


ini adalah foto Kerbau yang baru dimandikan di sungai Tjimanuk garoet. Tukang Kerbau ini punya penghasilan loemayan setelah Kerbaunya di sewa untuk membajak sawah. Selain uang tunai, mereka juga mendapat makan nasi, kopi dan rokok. Si kerbaunya mendapat rumput saja ....



ini salah satu perayaan kota garut yang diadakan di Situ Bagendit. Foto diambil pada tanggal 13 Oktober 1897.
 
Hotel papandayan garut tahun 1925


pemandangan di situ bagendit garut. Tampak danau masih bersih dari eceng gondok. Tempat ini merupakan tempat rekreasi bagi orang-2 Belanda pada waktu itu. Mereka bisa bre perahu dan menggunakan motor boat. Letaknya di Banyuresmi garut. Sekarang situ bagendit sudah rusak, penuh eceng gondok, pengendapan lumpur dan sampah.


pabrik pengolahan daun teh Waspada, daun teh di sortir di sini. , garut thn 1874.

pemandangan sawah di garut tahun 1920

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya