Kamis, 09 Januari 2014

Inilah sel tubuh manusia jika di zoom ribuan kali (PICT)

Berikut ini gambar-gambar sel tubuh manusia yang diperbesar menggunakan alat yang namanya Scanning Electron Microscope (SEM), yakni sejenis mikroskop elektron yang menggunakan gelombang elektron energi tinggi untuk men-scan suatu permukaan. Gelombang elektron dari SEM ini berinteraksi dengan atom-atom di dekat atau pada permukaan sampel yang akan diteliti, dan menghasilkan gambar 3-D beresolusi tinggi. Perbesarannya dari 25X hingga 250.000X. Detail dari benda berukuran 1 - 5 nm dapat dengan mudah dideteksi, termasuk bentuk dari sel telur, sel darah merah, atau embrio bayi manusia. Wanna see?

Quote:
1. Gambar yang paling umum sel darah merah manusia (red blood cell-RBC). Tugasnya mengirim oksigen ke seluruh tubuh. Seorang wanita mempunyai kira-kira 4 - 5 juta RBC per mikroliter (kubik milimeter) darah, sedangkan laki-laki mempunyai 5 - 6 juta RBC. Orang yang tinggal di dataran yang tinggi mempunyai lebih banyak RBC karena kadar oksigen di lingkungannya yang lebih rendah.

Spoiler for sel darah manusia

Quote:
2. Kalau agan tidak sering merawat rambut, hasilnya akan rusak seperti ini

Spoiler for helai rambut manusia

Quote:
3. Gambar ini adalah gambar sel rambut stereocilia di dalam telinga yang mendeteksi pergerakan mekanis untuk merespon vibrasi suara.

Spoiler for sel rambut di telinga

Quote:
4. Lidah manusia memiliki kira-kira 10.000 ujung-ujung indera perasa yang bertanggung jawab membedakan rasa asin, hambar, pahit, manis, dan asam.

Spoiler for ujung indera perasa di lidah

Quote:
5. Rajin-rajinlah sikat gigi, karena gambar di bawah ini adalah gambar plak gigi yang kurang terawat. 

Spoiler for plak gigi

Quote:
6. Ini adalah gambar permukaan bagain dalam dari paru-paru Anda. Rongga-rongga berlubang itu adalah alveoli, disinilah terjadi pertukaran udara dengan darah.

Spoiler for kantung udara paru-paru

Quote:
7. Sedangkan ini adalah paru-paru yang dirusak oleh sel-sel kanker, kontras sekali dengan gambar paru-paru yang sehat sebelumnya.

Spoiler for sel kanker paru-paru

Quote:
8. Villi pada usus kecil menambah area permukaan dari usus, yang membantu dalam proses penyerapan makanan. Perhatikan sari makanan yang menempel di celah-celahnya.

Spoiler for villi (selaput lendir) pada usus kecil

Quote:
9. Berikut adalah sel telur manusia, dilapisi oleh zona pellicuda, suatu glycoprotein yang melindungi telur dan juga membantu menangkap sperma. Dua sel korona terlihat menempel pada zona pellicuda.

Spoiler for sel telur dan korona

MASIH ADA LAGI GAN. GAMBAR-GAMBAR YANG INI PASTI JADI PART FAVORIT AGAN-AGAN 
Quote:
10. Sperma-sperma yang mencoba membuahi sel telur. Sperma berwarna biru (dalam gambar ini) 

Spoiler for sperma di permukaan sel telur

Spoiler for sperma di permukaan sel telur

Quote:
11. Kayak perang dunia, tapi gambar ini sebenarnya adalah kondisi 5 hari setelah pembuahan pada sel telur dengan sel-sel sperma tersisa yang masih ada di sekitarnya. Gambar fluoroscent ini di abadikan dengan menggunakan mikroskop confocal. Embrio dan nukleus sel sperma diberi warna ungu sementara ekor-ekor sperma yang berwarna hijau. Area yang biru adalah celah persimpangan, yang menghubungkan sel-sel tersebut.

Spoiler for sperma dan embrio manusia

Quote:
12. Dan akhirnya siklus kehidupan dimulai, gambar ini adalah embrio manusia yang berumur 6 hari dan mulai tertanam di dalam endometrium, di dinding rahim.

Spoiler for embrio manusia berumur 6 hari

Luar biasa, ternyata tubuh kita ini dibentuk oleh miliaran sel-sel yang bersatu padu membentuk tubuh kita dan ajaibnya semuanya menjalankan fungsinya masing-masing dengan sempurna. Belum lagi kalo kita ngomongin soal proses pembentukan embrio manusia. Maha dahsyatnya Tuhan, yang telah menciptakan semuanya ini. 

Quote:SEMOGA THREAD INI BERMANFAAT 
Quote:DITUNGGU GAN  
Quote:SUMBER

Quote:UPDATE - Ini gan SEM, alat yg menghasilkan foto-foto luar biasa diatas
Spoiler for SEM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya