Senin, 27 Januari 2014

Kentang Membantu Diet Dan Membuat Cantik

Kentang membantu diet dan membuat cantik
Kentang menjadi banyak favorit orang. Banyak sekali olahannya. Dari mulai kripik, sampai menjadi bubur. Dibalik rasa dan teksturnya yang lembut, kentang menyimpan banyak sekali manfaat, yaitu:

Penurun Berat badan 
Kentang merupakan sumber karbohidrat dan kalori. Namun, bukan berarti kentang bisa menjadi penyebab bertambahnya lemak tubuh. Justru dengan makan kentang secara teratur berat badan bisa turun!Kentang menjadi salah satau sumber karbohidrat yang baik. Kentang bisa membantu menurunkan berat badan meskipun juga sumber kalori. Kadar gula yang terdapat dalam kentang juga jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi. Sehingga cukup aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.”Menurunkan berat badan tidak hanya berkaitan dengan mengurangi jenis makanan tertentu atau bahkan berhenti makan makanan tertentu. Tapi juga mengurangi asupan kalori yang masuk dalam tubuh,” jelas Britt Burton-Freeman, salah satu pengajar di University of California. “Tidak ada bukti yang mengatakan kalau kentang bisa menambah penimbunan lemak dan menyebabkan kegemukan jika diproses dengan cara benar. Justru malah membantu program diet yang dijalankan,” imbuhnya.Para peneliti di University of California telah melakukan pengamatan kepada 86 orang, baik pria maupun wanita yang memiliki masalah obesitas. Selama kurang lebih 12 minggu mereka telah diukur tingkat indeks Glikemik (glycemic index) – ukuran dampak karbohidrat terhadap kadar gula darah- setelah melakukan diet dengan makan kentang. Mereka makan 5 hingga 7 porsi kentang setiap minggunya. Hasil penelitian menemukan bahwa ada penurunan berat badan yang cukup tinggi pada kelompok ini. Kentang yang mereka komonsumsi adalah kentang yang berukuran sedang, dengan kandungan kalori kurang lebih 110 kalori per buah. “Kandungan kalium dalam satu buah kentang ini sekitar 620 gram melebihi pisang, dan mensuplai hampir setengah dari kadar vitamin C yang dibutuhkan setiap harinya (45%). Kentang tidak mengandung sodium dan bebas kolesterol selama proses memasaknya sesuai, seperti direbus atau dipanggang,” tutup Britt Burton-Freeman.

Fungsi otak 
Kinerja otak sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, kentang juga mengandung zat tertentu seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.

Pencernaan 
Karena kentang kaya karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini membuat kentang manjadi makanan baik bagi pasien, bayi dan orang-orang yang mengalami masalah pencernaan.

Peradangan 
Nutrisi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena lembut dan mudah dicerna membuat kentang makanan yang baik bagi mereka yang memiliki luka mulut.

Rematik 
Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik, penyakit yang menyerang sendi-sendi (arthritis), sakit yang disebabkan kaki terkilir, luka-luka kecil dan luka bakar ringan. Caranya adalah dengan menempelkan irisan kentang pada luka atau nyeri yang dirasakan selama 15 menit/lebih.

Perawatan kulit 
Vitamin-C, Vitamin B-kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk kesehatan kulit. Ampas kentang yang dilumatkan dan dicampur dengan madu, juga dapat digunakan sebagai pembersih keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan. Parutan kentang yang ditempelkan pada kelopak mata, mampu menghilangkan noda hitam pada mata (dark circles) dan bila dicampur dengan krim pelembab mata, bisa memperlambat kerut di muka. Selain itu, kentang juga dapat memutihkan dan melembutkan tangan, kandungan potassium dan vitamin C pada kentang sangat cocok untuk perawatan kulit seperti wajah berminyak dan berjerawat. 
Caranya: kupas dan parut 2 buah kentang, lalu oleskan pada wajah hingga rata, biarkan 1/2 jam lalu bersihkan dengan air bersih.

Selain itu, kentang juga sangat cocok bagi mereka yang memiliki penyakit maag atau sering mengalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam kentang terkandung atropina yang dapat membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya