Dengan semakin meningkatnya kebutuhan pemakaian sarana peti kemas untuk pengangkutan barang – barang / komoditi / cargo untuk export – import maupun lokal, maka diiringi juga oleh perkembangan jenis dan bentuk peti kemas itu sendiri, atau dengan kata lain peti kemas berevolusi dengan jenis barang yang akan dilayaninya. . Pada tahun 1970 dicatat bahwa cargo yang di layani oleh peti kemas sebanyak 47 juta ton atau populasi muatan sekitar 450.000 Teus. Tahun 1984 sekitar 225 juta ton atau 4,7 juta Teus. Hingga 10 tahun sebelum ini yaitu tahun 1998 sudah mencapai 1.100 juta ton atau 60,3 juta Teus |
Berbagai bentuk peti kemas di buat seperti :
Quote:
Bentuk biasa yaitu jenis, “ closed box container with side doors” dimana peti kemas hanya bisa dibuka pada satu sisi pintu, biasanya dipakai untuk barang – barang dengan bentuk palet / box / atau dengan bentu yang teratur dan muadah penyusunannya. Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Masih banyak bentuk lainnya seperti ; ” Container Rack “, “ Container Flat “, “ Container Tank “, dimana bentuk dari peti kemas tersebut menyesuaikan dari bentuk barang – barang yang akan di bawa. Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
|
Hingga pada kapal – kapal yang melayani kapal juga terjadi proses yaitu ” Containership Evolution ”, dengan beberapa generasi yaitu :
Quote:
" Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
|
Quote:
Terminal peti kemas Quote:
Terminal peti kemas adalah terminal dimana dilakukan pengumpulan peti kemas dari hinterland ataupun pelabuhan lainnya untuk selanjutnya diangkut ke tempat tujuan ataupun terminal peti kemas (Unit Terminal Container disingkat secara umum "UTC") yang lebih besar lagi. Perkembangan di Indonesia Terminal peti kemas (UTC) pertama di Indonesia terletak di Pelabuhan III Timur Tanjung Priok, Jakarta. Peresmian pengoperasiannya pada tanggal 20 Mei 1981. Terminal Peti Kemas Terdiri: Dermaga untuk sandar. Lapangan penumpukan Derek raksasa Terminal peti kemas yang berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun belakangan ini adalah Terminal peti kemas JICT, KOJA di Jakarta,Bojonegara di Cilegon, TPS di Surabaya, TPK Semarang, TPK Belawan. |
Quote:
Berat |
Quote:
Truk peti kemas Quote:
Truk peti kemas disebut juga truk kontainer adalah kendaraan pengangkut peti kemas terdiri dari kendaraan penarik (tractor head) dan kereta tempelan dimana peti kemas ditempatkan. Trend angkutan barang dengan peti kemas meningkat dengan cepat karena intermodalitynya yang tinggi sehingga mempermudah bongkar-muat/handling dari barang yang mengakibatkan biaya angkutan secara keseluruhan menurun dengan drastis. Disamping itu keamanan dari barang juga lebih tinggi. |
Demikian gan sedikit info dari ane, semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya