Senin, 29 Juli 2013

7 Manfaat Musik Bagi Bayi dan Anak-Anak. nyang punya anak kecil masuppp gan!!!!







Quote:


Menurut Wikipedia, musik telah dikenal oleh manusia sejak 100.000 hingga 180.000 tahun lalu. Kehadiran musik memiliki banyak arti positif pada perkembangan manusia di dunia. Bahkan bagi banyak orang ada pepatah yang mengatakan 'Tiada hari tanpa musik'.

Tahukah ente gan sebenarnya musik memiliki beberapa fakta yang sangat unik dan bermanfaat bagi bayi dan anak kecil? Fakta apa saja? Simak halaman berikut ini gan, cekinyottt:












Quote:Quote:
Spoilerfor 1. Berguna Bagi calon bayi


Musik seolah memiliki daya magis. Bagaimana tidak, calon bayi yang masih berada di kandungan saja sebenarnya bisa menikmati musik. Nada-nada pada musik dapat membantu sel-sel syaraf otak membentuk koneksi. Hasilnya, daya ingat, emosi, kontrol motorik dan bahkan kemampuan bahasa juga dapat meningkat.






Quote:

Spoilerfor 2. Membantu bayi prematur



Sebuah riset mengatakan bahwa musik atau senandung dari sang ibu dapat membantu bayi prematur menambah berat badan dan mampu membuat keluar lebih cepat dari rumah sakit. Maka jangan heran bila di beberapa rumah sakit sengaja memutar musik bagi bayi prematur.





Quote:

Spoilerfor 3. Membantu pencernaan



Fakta menarik lainnya adalah, musik ternyata juga mampu membantu sistem pencernaan bagi anak, khususnya bayi. Musik yang menenangkan dapat membuat rileks sehingga sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih baik, efisiensi metabolisme pun meningkat. (ternyata bisa juga)





Quote:

Spoilerfor 4. Kosakata Melimpah



Anak-anak yang rajin mendengarkan dan mau belajar tentang musik dipastikan memiliki jumlah kosakata yang melimpah. Tentu saja lebih banyak dibanding anak-anak yang tidak terlalu tertarik pada musik.





Quote:

Spoilerfor 5. Pereda Stress



Bermain atau hanya sekedar mendengarkan musik dianggap dapat menurunkan stress yang dialami manusia. Bermain musik atau bernyanyi merupakan salah satu sarana yang bagus untuk melampiaskan stress. Ini jauh lebih baik dibanding melakukan hal lain, seperti bermain video game. (exactly, it works! )

tambahan:
Quote:Original Posted By irmananto 
musik menyeimbangkan otak kiri dan kanan, dan mengeluarkan beta endorphine sehingga bisa menjadikan rileks





Quote:

Spoilerfor 6. Percaya diri meningkat



Menurut study yang dilakukan oleh Universitas Colombia, pelajar yang berminat pada seni musik ternyata memiliki kepercaya dirian yang lebih tinggi. Mereka juga lebih kreatif dan banyak memiliki ide segar. (absofreakinglutely! ane setuju banget. )





Quote:

Spoilerfor 7. Stimulasi otak kiri



Melalui musik, anak diajak mengikuti alur ritme. Ini dapat menstimulasi otak kiri, yang banyak terkait dengan kemampuan mengikuti aturan. Ini juga akan terjadi pada saat anak bermain dan bergerak sesuai iringan musik. Kepekaannya terhadap 'aturan tak tertulis' bisa lebih terasah.






Spoilerfor sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya