Mungkin agan-agan sudah banyak tau, jika pesawat yang telah dipensiunkan karena sudah habis masa operasinya, tidak laik terbang, atau tidak dibutuhkan lagi maka akan ditempatkan di tempat penyimpanan akhir pesawat udara (aircraft boneyard/aircraft scrapyard). Tapi tak apalah, ane coba share lagi ajah tentang daur ulangnya.
Umumnya lokasi penyimpanan seperti ini terletak di daerah gurun pasir. Gurun pasir memang tempat ideal untuk menyimpan pesawat sehingga tidak memengaruhi kondisinya misalnya curah hujan dan kelembapan yang rendah serta tanah yang datar dan keras untuk parkir pesawat. Ini gan beberapa lokasi penyimpanan pesawat terbang yang terkenal:
Pangkalan Udara Davis Monthan, Arizona
Spoilerfor Davis Monthan:
Pinal Air Park, Marana
Spoilerfor Pinal Air Park:
Mojave Spaceport, California
Spoilerfor Mojave Spaceport:
Quote:Sebagian pesawat terbang ini dibiarkan terbengkalai begitu saja tetapi sebagian lagi didaur ulang. Selain mengurangi sampah pesawat, daur ulang ini juga membantu pemilik sehingga tidak banyak mengalami kerugian dengan tidak terpakainya pesawatnya.
Proses daur ulang ini membutuhkan waktu 12 pekan dan kejelian untuk memanfaatkan berbagai komponen yang masih bisa dijual lagi.
Pada umumnya daur ulang pesawat ini dibagi beberapa tahapan, yaitu :
1. Pembongakaran Mesin
Spoilerfor Engine:
Quote:Mesin menjadi bagian paling bernilai di sebuah pesawat. Harga mesin bisa mencapai 80% dari total harga pesawat. Setelah dibongkar, teknisi kemudian memeriksa dan memperbaiki mesin itu untuk dipasang ke pesawat lain, jika masih dimungkinkan. Tetapi jika tidak mungkin diperbaiki, mesin itu pun dibongkar menjadi beberapa bagian suku cadang.
Keuntungan yang diperoleh akan lebih banyak dengan menjual bagian-bagian mesin secara terpisah, daripada menjual mesin secara utuh.
Keuntungan yang diperoleh akan lebih banyak dengan menjual bagian-bagian mesin secara terpisah, daripada menjual mesin secara utuh.
2. Pembongakaran Komponen
Spoilerfor Komponen:
Quote:Setelah mesin dibongkar, baru pembongkaran komponen lain, seperti instrumen kabin penerbangan, kotak hitam, pengatur suhu udara, kontrol penerbangan, bagian pendaratan seperti roda dan hidrolik, sistem bahan bakar dan interior kabin seperti pintu dan jendela. Peralatan pendaratan pesawat merupakan yang terakhir dibongkar, hingga tinggal badan pesawat dari besi yang ditopang tumpukan kayu. Hampir sebagian besar bagian pesawat dapat dijual lagi, mulai dari tombol-tombol kontrol penerbangan hingga pintu dan jendela.
3. Penghancuran Badan pesawat
Spoilerfor Badan Pesawat:
Quote:Mungkin tahapan inilah yang paling menarik bagi TS karena ngliatnya gimana gitu... pesawat yang segede itu dihancur-leburkan oleh eskavator. Badan pesawat tersebut dipotong-potong dengan cakar raksasa menjadi potongan besi yang lebih kecil agar pengolahan menjadi scrap logam lebih mudah.
Ini gan proses penghancurannya :
Ini gan proses penghancurannya :
Spoilerfor 1:
Spoilerfor pesawat1_part1:
Spoilerfor pesawat1_part2:
Spoilerfor pesawat1_part3:
Spoilerfor 2:
Spoilerfor pesawat2_part1:
Spoilerfor pesawat2_part2:
Spoilerfor 3:
Spoilerfor pesawat3_part1:
Spoilerfor pesawat3_part2:
Spoilerfor pesawat3_part3:
4. Pencacahan menjadi scrap logam
Spoilerfor Pencacahan:
Proses pencacahan ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu ;
Pencacahan awal
Proses ini dilakukan untuk memperoleh serpihan badan pesawat yang lebih kecil lagi setelah diremukkan oleh eskavator.
Pemisahan bahan bukan logam
Pada tahap ini dilakukan pemisahan bahan-bahan bukan logam yang masih tercampur pada serpihan-serpihan badan pesawat. Bahan bukan logam tersebut itulah yang benar-benar jadi sampah.
Pencacahan akhir
Tahap inilah yang membuat serpihan-serpihan logam yang telah difilter tadi menjadi scrap logam atau serpihan logam yang lebih halus lagi.
Pengiriman
Setelah mendapatkan scrap logam dan telah terkumpul banyak, scrap tersebut akan dilanjutkan dikirim ke tempat peleburan logam untuk dijadikan barang-barang yang lain seperti kaleng minuman, kaleng biskuit, rangka sepeda, velg mobil, dsb.
Pencacahan awal
Proses ini dilakukan untuk memperoleh serpihan badan pesawat yang lebih kecil lagi setelah diremukkan oleh eskavator.
Spoilerfor Pencacahan awal:
Spoilerfor pencacahan_awal_part1:
Spoilerfor pencacahan_awal_part2:
Pemisahan bahan bukan logam
Pada tahap ini dilakukan pemisahan bahan-bahan bukan logam yang masih tercampur pada serpihan-serpihan badan pesawat. Bahan bukan logam tersebut itulah yang benar-benar jadi sampah.
Spoilerfor Pemisahan bahan bukan logam:
Spoilerfor pemisahan_part1:
Spoilerfor pemisahan_part2:
Pencacahan akhir
Tahap inilah yang membuat serpihan-serpihan logam yang telah difilter tadi menjadi scrap logam atau serpihan logam yang lebih halus lagi.
Spoilerfor Scrap logam:
Pengiriman
Setelah mendapatkan scrap logam dan telah terkumpul banyak, scrap tersebut akan dilanjutkan dikirim ke tempat peleburan logam untuk dijadikan barang-barang yang lain seperti kaleng minuman, kaleng biskuit, rangka sepeda, velg mobil, dsb.
Spoilerfor Pengiriman ke tempat peleburan logam:
Kalo agan pengen liat realnya bisa tengok video nih :
Spoilerfor Airplane Recycling:
Ane Tambahin gan...Boeing 747
Spoilerfor Boeing 747:
Quote:Yang perlu diperhatikan, daur ulang pesawat ini tidak selalu berujung pada serpihan logam. Semua bagian itu dibeli berbagai perusahaan penerbangan untuk digunakan kembali, atau dimanfaatkan perusahaan film dan TV serta lembaga pelatihan penyelamatan penerbangan. Bahkan, kursi-kursi bekas pesawat pun dibeli untuk perabot rumah tangga. Seringkali panel pesawat (flightdeck) digunakan kembali untuk kegiatan simulasi.
Spoilerfor FlightDeck:
Tapi yang unik lagi ada juga yang memanfaatkan badan pesawat itu menjadi monumen, rumah, dan mungkin kreasi-kreasi yang lainnya.
Spoilerfor Monumen:
Spoilerfor Plane House:
Spoilerfor planehouse_part1:
Spoilerfor planehouse_part2:
Spoilerfor planehouse_part3:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya