Kamis, 18 Juli 2013

Shinkansen Teknologi Kereta Api Mengagumkan Di Jepang

Shinkansen
Teknologi Kereta Api Mengagumkan Di Jepang


Quote:Jepang adalah negara yang terkenal dengan kemajuan teknologi yang tidak diragukan lagi. Salah satunya adalah kemajuan teknologi alat transportasi publik Shinkansen. Nama Shinkansen juga sering dijuluki kereta peluru (bullet train) – yaitu jalur kereta api cepat Jepang. Kereta ini dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways.

Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam. Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut.


Shinkansen

Spoilerfor shinkansen

Quote:Shinkansen pertama kali dibuka pada 1 Oktober 1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo. Jalur ini langsung sukses, melayani 100 juta penumpang kurang dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli 1967, dan melayani satu milyar penumpang pada 1976.

Pada mulanya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin-Osaka (515,4km) memakan waktu kira-kira 4 jam. Pada 1992, Shinkanshen model baru ‘Nazomi’ yang dapat menghasilkan kecepatan 270 km/j telah menghasilkan perjalanan yang singkat. Rancangan penggunaan landasan kereta api linear motor car pada abad ke-21 yang akan datang ini diharapkan akan menambah kecepatan Shinkanshen.

Spoilerfor shinkansen

Quote:Tidak ada daftar kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasian Shinkansen sejak sekitar 40 tahun yang lalu. Namun ada beberapa orang terluka dan satu kefatalan dikarenakan pintu yang menjepit penumpang atau barang mereka. Selain itu ada beberapa percobaan bunuh diri oleh penumpang. Karena itu beberapa stasiun telah memasang pagar pelindung. Meskipun begitu tetap saja ada percobaan bunuh diri oleh penumpang yang memanjat pagar pengaman tersebut.

Untuk menghadapi gempa bumi kereta ini dilengkapi dengan sistem pendeteksian yang akan memberhentikan kereta bila gempa bumi terdeteksi. Pada gempa bumi Chuetsu di Oktober 2004 sebuah Shinkansen yang dekat dengan pusat gempa lepas dari relnya, namun tidak ada penumpang yang terluka. Kereta generasi berikutnya, FASTECH 360 akan memiliki sayap rem penahan angin (yang mirip dengan kegunaan telinga) untuk membantu proses pemberhentian bila gempa bumi terdeteksi.

Spoilerfor shinkansen

Quote:Pada 2003, JR Central melaporkan jadwal waktu rata-rata Shinkansen tepat dalam 0,1 menit atau 6 detik dari waktu yang telah dijadwalkan. Ini termasuk seluruh kesalahan alami dan manusia dan dihitung dari seluruh 160.000 perjalanan yang dijalani oleh Shinkansen. Rekor sebelumnya dari 1997 dan tercatat 0,3 menit atau 18 detik.
Spoilerfor foto-fotonya
Spoilerfor suasana di dalam kereta
Spoilerfor shinkansen

Spoilerfor shinkansen

Quote:Pada tahun 2027 yang akan datang, kereta LO milik Jepang akan siap untuk membawa penumpangnya antara Tokyo dan Nagoya pada kecepatan yang mengagumkan, 499 kilometer per jam setiap hari. Kereta ini menggunakan teknologi magnetic levitation (manglev), yang akan menjadikannya kereta tercepat di dunia. Namun kereta dengan teknologi manglev tercepat untuk saat ini dipegang oleh Shanghai Manglev Train. Kereta yang mampu mencapai kecepatan 501 kilometer per jam ini pernah beroperasi dengan kecepatan tertinggi 431 kilometer per jam.
JR Maglev MLX01 (Prototipe) Kereta tercepat di dunia saat ini

Spoilerfor JR Maglev MLX01 (Prototipe)

Quote:Sebagai perbandingan, kereta CRH380A milik China, yang merupakan kereta komuter tercepat nomor 2 di dunia, mampu mencapai kecepatan 486 kilometer per jam. Pada saat beroperasi, kereta ini pernah mencapai kecepatan tertinggi 380 kilometer per jam. Namun, seperti yang pernah dicatat oleh Guinness World Records, Japan prototype JR-Maglev MLX01 adalah kereta paling cepat saat ini. Kereta ini mampu mencapai kecepatan 581 kilometer per jam pada uji coba pertamanya di tahun 2007.
Quote:Banyak kemajuan yang mulai merambah melalui tekhnologi terbaru di dunia gan, Semua di desain sedemikian rupa hanya untuk kenyamanan dalam pelayanan kepada masyarakat disana.
Kayanya gak akan pernah telat kalau keretanya macem gitu gan 
Gak kebayang yak gan segimana cepetnya, kayanya jantungpun serasa copot kalo naiknya gan 



Ada agan yang pernah kesana dan nyoba juga 


Quote:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya