Kamis, 18 Juli 2013

DFKI - Robot Kera yang di Ciptakan untuk Menjajah Bulan

DFKI - iStruct Robot Kera yang di Ciptakan untuk Menjajah Bulan


Jika Anda berpikir bahwa monyet seperti robot AMEE di sci-fi film Red Planet adalah suatu hal yang mustahil atau tidak benar, itu jelas salah. The German Research Center for Artificial Intelligence (DFKI) dan University of Bremen bekerja pada sebuah proyek pembuatan robot yang mirip kera atau disebut The iStruct Demonstratoryang mengklasifikasikan sebagai "Space Robot." Akhir-akhir ini monyet mekanik ini telah berlatih cara berjalan dan mengatur keseimbangan di tengah hamparan bulan tiruan/buatan.

Menjelajahi lanskap bulan adalah hal yang cukup berbahaya, dan tentunya perlu pemikiran matang untuk memilih konsep bentuk yang akan dibuat pada robot tersebut, dan peneliti di DFKI mengeksplorasi pilihan mereka (untuk menkombinasikan antara robot yang berkaki dan robot yang juga memiliki roda). Sebuah badan robot yang mirip kera memiliki manfaat tertentu untuk untuk di kendalikan, dengan memiliki empat buah kaki, robot ini mampu tetap berjalan meskipun tekstur pada medan perjalanan di bulan tidak rata/banyak membukit, dan dapat dengan mudah memperbaiki posisi dengan sendirinya jika terjatuh. Kemudian ketika perlu melakukan sesuatu dengan tangan nya, robot ini dapat menyeimbangkan dengan kaki belakangnya untuk tetap berdiri tegak dan tentunya tidak perlu tenaga manual/manusia. Robot kera ini sedang dikembangkan untuk mengikuti The DARPA Robotics Challenge.

Dengan kepentingan internasional terbaru dalam misi beradaptasi dengan bulan, ada kemungkinan iStruct (atau salah satu dari jenis robot ini) dapat bermain-main di Bulan di beberapa titik di masa depan. Mengkolonisasi Bulan dengan robot dimulai dengan mengembangkan salah satu pergerakan disana dan bereaksi secara cerdas terhadap situasi apa pun yang ditemukannya.

Untuk itu, tujuan dari proyek ini adalah untuk membangun "biologically-inspired intelligent structural components" atau ilmu biologis yang terinspirasi dari komponen struktural cerdas dan sistem robotik, untuk menguji dan meningkatkan kemampuan robot dalam bereaksi terhadap lingkungannya. Robot ini berisi tulang belakang diartikulasikan sebagai penghubung batang tubuh dan panggul, memberikan lebih banyak fleksibilitas, dan sensor-sarat kaki dan pergelangan kaki struktur yang bereaksi terhadap tanah.

Fitur Dari iStruct:

  • 43 individual force-sensing resistor (FSR) sensors
  • 6 sensor FSR tambahan pada bagian terbuka yang digunakan untuk deteksi tabrakan.
  • 6-axis Force/ Sensor Torsi (Torque Sensor)
  • Sensor jarak di bagian tumit untuk mengantisipasi pemogokan tumit
  • Accelerometer 3-sumbu digital untuk merasakan orientasi kaki
  • Dua sensor suhu untuk mengkompensasi perubahan suhu pada elektronik
  • Digital magnetic angular atau Digital pengkodean sudut magnetik untuk memonitor setiap sumbu yang bergerak dari struktur kaki dan pergelangan kaki.


Spoilerfor iStruct Demonstrator
Spoilerfor DFKI
Quote:iStruct Demonstrator robot di lanskap bulan buatan DFKI
(Foto: Daniel Kühn, DFKI GmbH)
Spoilerfor DFKI
Quote:CAD sketsa tulang belakang yang saat ini telah dikembangkan
(Gambar: Frank Beinersdorf, DFKI GmbH)
Spoilerfor DFKI
Quote:Langkah perkembangan dari desain tungkai bawah
(Gambar: Felix Bernhard und Kristin Fondahl, DFKI GmbH)
Spoilerfor DFKI
Quote:The iStruct Demonstrator tetap menjaga keseimbangan pada titik kemiringan medan yang sedang dilaluinya.
Spoilerfor DFKI
Quote:CAD gambar konsep pertama dari sebuah tulang buatan (elemen tunggal tulang belakang yang dibangun modular untuk memungkinkan pengaturan serial elemen, kabel dapat berjalan melalui pusat tulang belakang)
(Foto: DKFI GmbH)
Spoilerfor DFKI
Quote:Sebuah close-up kepala iStruct Demonstrator
Spoilerfor DFKI


Quote:Sebuah rincian dari beberapa komponen dalam iStruct Demonsrator (1 dari 3)
Spoilerfor DFKI
Quote:Mekanisme close-up kaki iStruct Demonstrator dan pergelangan kakinya.
Spoilerfor DFKI
Quote:Sebuah close-up dari sumsum tulang belakang iStruct Demonstrator.
Spoilerfor DFKI
Quote:The iStruct Demonstrator dapat berjalan dan berbelok ke kiri dan kanan dan bisa memanjat masuk dan keluar dari medan yang di tempuh di bulan.
Spoilerfor DFKI
Quote:Kaki robot dan mekanisme pergelangan kaki memungkinkan untuk menyesuaikan diri secara alami di atas permukaan yang miring.
Spoilerfor DFKI
Quote:IStruct DFKI adalah sebuah robot mirip kera yang dikembangkan dengan dana dari Jerman Aerospace Center
(Foto: DLR)


Kebanyakan robot humanoid telah berisi banyak sensor yang sama, tapi diartikulasikan tulang belakang iStruct (yang dapat berfungsi sebagai 6-sumbu sensor gaya torsi) adalah sesuatu yang langka di luar robot muskuloskeletal dan membantu ketika bergerak pada saat merangkak. Sensor di kaki dan pergelangan kaki memungkinkan untuk menjaga keseimbangan pada medan miring.

Kembali antara tahun 2008 dan 2009, Dipl.-Inf. Daniel Kühn bekerja pada sebuah proyek robot serupa yang disebut Little Ape , yang sudah mampu berjalan sederhana dan berkaki empat. Setelah proyek itu, ia mulai bekerja pada iStruct, yang menampilkan beberapa upgrade yang signifikan. Ini lebih besar, dengan berat 18 kg (40 lb) dan berukuran 66 x 43 x 75 cm (26 x 17 x 29 in), dan berisi 26 derajat freedom powered oleh berbagai motor listrik. Proyek ini akan selesai bulan Agustus 2013 ini.

Anda dapat melihat bagaimana robot ini menggunakan kaki-kakinya yang cerdas dan struktur pergelangan kaki untuk berjalan dan menjaga keseimbangan. Ini adalah langkah kecil untuk Robot Kera, tetapi lompatan raksasa yang berpotensi untuk teknologi dunia.

Videonya Gan

iStruct Walking


iStruct Balancing



Quote:Kesimpulannya 
The future masters of technology will have to be light-hearted and intelligent. The machine easily masters the grim and the dumb.”
Marshall McLuhan

"Penguasaan akan tehnologi mendatang akan membuat manusia senang dan pandai. Dengan adanya tehnologi mesin akan menguasai masa suram serta kebodohan." 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya