Minggu, 28 Juli 2013

Naik 113% Per Tahun, Kecepatan Internet Indonesia Peringkat Ke-104 Dunia !

sumber

Quote:Kecepatan internet di Indonesia perlahan tetapi pasti mulai meningkat. Laporan dari perusahaan internet content delivery, Akamai, yang mengungkap kabar baik tersebut.

Setelah sempat menduduki posisi terbawah sebagai negara dengan kecepatan internet rata-rata terendah di wilayah Asia Pasifik, pada kuartal I tahun 2013, Indonesia berhasil melonjak naik mengungguli tiga negara Asia lain.

Pada laporannya seperti dikutip dari The Next Web, Akamai mengungkapkan bahwa kecepatan rata-rata internet di Indonesia sudah meningkat hingga 1,5 Megabit per detik (Mbps), naik 6,9 persen dari kuartal lalu dan 113 persen dari tahun lalu.

Di kuartal ini, kecepatan rata-rata internet Indonesia ada di peringkat ke-104 dunia, mengungguli Vietnam di posisi 108 dengan kecepatan 1,5 Mbps, Filipina di 109 dengan 1,4 Mbps, dan India di peringkat ke-114 dengan 1,3 Mbps.

Indonesia tetap masih jauh di bawah beberapa negara tetangga, seperti Malaysia yang menempati peringkat 70 dan Singapura peringkat 21. (lihat tabel 1)

Korea Selatan masih menjadi negara dengan internet tercepat dalam periode April sampai Juni 2013. Perusahaan telekomunikasi di Negeri Ginseng itu mampu memberi kecepatan 14,2 Mbps, dan warganya pun rela mengeluarkan banyak uang demi internet cepat. Jika koneksi dalam performa terbaik, kecepatannya bisa mencapai 44,8 Mbps.




Quote:Akamai juga mengungkapkan, kecepatan internet tertinggi (peak connection speed) atau pada saat koneksi dalam performa terbaik yang pernah diraih di Indonesia pada kuartal I tahun 2013 adalah sebesar 12,8 Mbps atau setara dengan 100 Kilobyte per detik (Kbps).

Akamai mencatat, kecepatan ini meningkat 152 persen secara tahunan atau dari kuartal yang sama tahun lalu.

Dengan kecepatan puncak tersebut Indonesia ditempatkan di posisi 99 dunia, mengalahkan beberapa negara Asia, seperti Vietnam, India, dan China.

Vietnam ada di posisi 105 dunia dengan kecepatan puncak 11,6 Mbps, India ada di peringkat 109 dunia dengan Mbps, dan China ada di posisi terbawah wilayah Asia dengan posisi 121 pada kecepatan 8,3 Mbps.

Meski demikian, Indonesia tetap berada di bawah Singapura di posisi 6 dan Malaysia di posisi 46. (lihat tabel 2)

Kecepatan peak internet tertinggi di Asia, sekaligus di dunia, dipegang oleh Hongkong dengan 63,6 Mbps. Jepang ada di posisi kedua dengan kecepatan 50 Mbps.




yang digaris bawahin tuh gan 
kalau mau speed mumpuni ya harus rela ngeluarin uang, jangan andelan cuma ngembat kuota dari vpn atau ssh doang 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya