Minggu, 28 Juli 2013

Mercon Bumbung Petasan Tradisional Bulan Ramadhan

Bulan puasa sebentar lagi tiba.Ketika sebagian orang khusyuk berpuasa,taukah agan salah satu cara buat ngabuburit di bulan puasa.Ini salah satunya gan yang selalu ada di bulan puasa.Yuk disimak 

Mercon Bumbung
Begitulah orang biasa menyebutnya,berbahan dari batang bambu.Meriam bambu atau 'mercon bumbung' biasa dimainkan anak-anak desa untuk mengisi waktu menjelang saat buka puasa. Kadang juga berlanjut lepas maghrib sambil menunggu waktu isya untuk tarawih bersama.


Dipilih dari bambu yang sudah tua dan berkulit tebal agar tahan dari tekanan dan suaranya nyaring. Agak rumit menggambarkannya.Namun secara gampang, mercon bumbung ini bekerja layaknya meriam betulan. Kecuali yang membedakannya adalah bahan baku dan bahan bakarnya.
Jika meriam betulan menggunakan bubuk mesiu, meriam bambu ini cukup dengan minyak tanah atau campuran karbit dan air untuk menghasilkan suara yang keras..Boomm!!!.Kadang Ane pake campuran solar juga gan biar makin nyaring  

Bambu yang telah di potong kemudian diberi lubang kecil pada pangkal bambu yang berfungsi sebagai saluran udara dan sebagai tempat untuk memantikkan api.

Sebelum disulut api, bambu di posisikan mendongak keatas. Kemudian diisi dengan karbit yang dicampur air. Setelah kedua bahan itu di masukkan, semua lobang ditutup rapat hingga mencul uap panas.
Saat itu mercon bumbung disulut dengan api. Tekanan didalam bambu itulah yang melahirkan suara seperti meriam.

Meriam Bambu tidak bisa langsung berbunyi dengan keras, karena harus dipanasi terlebih dahulu, caranya adalah dengan memasukkan api kedalam lubang pengisian yang sudah dibuat sebelumnya lalu membuang asap dengan meniup lubang kecil tersebut. Dibutuhkan waktu kira-kira 10 menit untuk memanaskan Minyak dan Meriam agar bisa meledak. Setelah mulai panas, dan ketika api dimasukkan ke dalam lubang, maka akan terdengan bunyi menggelegar.

Yang ane heran dibulan laen sesudah lebaran maenan macem beginian seakan hilang ditelan bumi  Tapi jaman sekarang juga udh mulai berkurang yang maen beginian soalnya tergeserkan oleh mainan yang lebih modern  .Padahal kita harus melestarikan budaya tradisional seperti ini.

1 komentar:

  1. Ass. wr.wb,saya bapak joko saya ingin bercerita kepada semua pecinta togel dulunya saya hanya seorang pemulung,saya ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada AKI NUMANG atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan AKI NUMANG pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual dan tuyul beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 1.000,000. dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI NUMANG saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI NUMANG di nomor 085-222-967-279 dan ramalan AKI NUMANG memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUMKAN DI INTERNET…




    BalasHapus

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya