Selasa, 20 Desember 2011

Cara Benar Menggunakan Hand Sanitizer

Ghiboo.com - Mencuci tangan sesering mungkin memang menjadi salah satu bagian gaya hidup sehat. Selain bisa mengindari resiko diare, mencuci tangan juga bisa mematikan perpindahan kuman dan bakteri influenza.

Karena sabun dan air terkadang tidak selalu tersedia. Sehingga banyak orang yang memilih cara praktis dengan menggunakan hand gel sanitizer yang lebih efektif.

Namun, saat Anda membeli produk pembersih cairan tangan atau hand sanitizer, perhatikan jenisnya. Jangan mudah percaya kemanjurannya untuk membunuh kumah sampai 99,9 persen.

Perhatikan juga level alkohol dibalik lebel kemasan produk. Pastikan bahwa level alkohol mencapai 60 persen atau lebih. Karena saat ini, banyak produk hand sanitizer yang hanya mengandung 40 persen alkohol.

Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan cara penggunaannya. Untuk mendapatkan tangan yang higienis, perhatikan cara penggunaan hand sanitizer berikut ini.

1. Tuangkan gel pembersih sekitar seperempat di telapak tangan. Pastikan gel tersebut cukup untuk membasahi seluruh telapak jari, jari, hingga punggung tangan.

2. Gosokan ke seluruh tangan selama 20-30 detik. Jangan hanya fokus pada telapak tangan, tetapi juga antara jari-jari, kuku dan punggung tangan.

3. Biarkan tangan Anda kering dengan sendirinya. Bila tangan masih basah, jangan dibilas dengan air atau dibersihkan dengan handuk/tisu.

Meskipun penggunaan hand sanitizer dianggap praktis dan efektif, pihak pengontrolan dan pencegahan penyakit Amerika mengingatkan bahwa cara terbaik tetaplah mencuci tangan menggunakan sabun dan air.

(Berbagai Sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya