Senin, 26 Desember 2011

Latihan Berburu di Texas

OLEH DEASI SUSILAWATI, Peserta Texas Hunter Sport di Summer Camp Boy Scout of America, melaporkan dari Texas

SAYA mendapat kesempatan menjadi wakil Pramuka Indonesia dari Kwartir Daerah Aceh untuk ikut International Camp Staff Program The Boy Scout of America. Dengan demikian, saya bisa merasakan tinggal dan menetap di Texas untuk berlatih ilmu kepramukaan sambil memperkenalkan budaya Indonesia serta Aceh kepada anak-anak Amerika selama summer camp.

Acara ini dipusatkan di Buffalo Trail Scout Ranch, dua jam perjalanan arah barat Kota Midland, salah satu kota kecil kaya minyak bumi terbesar di Amerika.

Texas merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat dan merupakan negara bagian terbesar kedua setelah California. Dengan kondisi cuaca yang panas dan kering serta struktur tanah yang 92% flat (datar) menjadikan negara bagian ini terkenal dengan hasil minyak mentahnya.

Selain itu, Texas juga dikenal sebagai negara bagian di Amerika Serikat yang identik dengan koboi (cowboy), aksi duel, maupun tembak-menembak, sehingga tidak jarang aksi tersebut difilmkan dalam beberapa film besutan Hollywood.

Di negara bagian inilah saya saksikan aktivitas warga Texas yang relatif berbeda dengan warga Amerika di negara bagian lain. Di Texas masih banyak penduduknya yang berjalan-jalan dengan berpakaian ala koboi dan menunggang kuda. Rata-rata mereka memiliki areal peternakan kuda yang sangat luas. Realitas ini menuntut masyarakatnya harus memiliki keahlian menembak dan berburu untuk menjaga hewan ternaknya dari gangguan atau serangan binatang buas.

Keahlian ini sudah mulai diberikan sang senior kepada anaknya yang masih kecil sebagai suatu keahlian yang patut diwariskan. Hal seperti itulah yang berlangsung pada summer camp The Boy Scout of America. Anak-anak yang berumur 10-15 tahun datang dan berkemah satu minggu dan mengambil kelas-kelas keahlian yang menarik hatinya selama di camp,  salah satunya adalah Texas Hunter Sport.

Di sini mereka dilatih untuk menembak dan berburu, dimulai dari tingkatan paling dasar hingga yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuannya. Sekilas memang terdengar agak mengerikan bagi orang tua yang khawatir akan keselamatan anak-anaknya. Tapi sebetulnya, The Boy Scout of America menjamin aman anak-anak yang ikut pelatihan dan dilatih oleh instruktur yang profesional di bidangnya sehingga sampai saat ini tidak pernah ada kejadian di luar batas yang sewajarnya.

Ini sungguh merupakan hal yang sangat menakjubkan bagi saya tatkala melihat sendiri bagaimana keahlian itu diajarkan sebagai suatu keterampilan hidup yang dikemas dengan pengetahuan tentang maksud dari menguasai keterampilan tersebut.

Sebagai suatu kebutuhan hidup, keterampilan ini diajarkan dengan penuh perhitungan dan peraturan yang sangat ketat yang dikeluarkan oleh negara bagian Texas. Cara masyarakat Amerika menaati peraturan, seperti tercermin di Texas, sangat mempertegas bagaimana sebetulnya hukum sangat dijunjung tinggi di negara ini. Satu hal positif yang tentunya patut kita tiru sebagai warga dari negara yang mengklaim diri sebagai negara hukum.

* Jika Anda punya informasi menarik, kirimkan naskah dan fotonya serta identitas bersama foto Anda ke: redaksi@serambinews.com

Editor : bakri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya