Rabu, 21 Desember 2011

Pesona Singkil yang Tersembunyi



Quote:
Entah kapan rakyat negeri ini yang dikemas dalam NKRI bisa menikmati kekayaan alamnya serta hidup sejahtera penuh rasa kekeluargaan sebagai bangsa yang kokoh dan tangguh, bukan keropos dan kumuh. Begitu banyak sumber kekayaan alam dan keindahan alam Indonesia Raya ini, tetapi para elite bisanya cuma teriak-teriak seperti orang kebakaran jenggot, sementara orang asing dan penguasa/pengusaha jahat meraup keuntungan berlimpah di tengah mulut besar pemimpin. Rakyat miskin tetap miskin, alam kita merana dieksploitasi, akhirnya marah dan kita telah mengundang bencana. Kapan kita sadar dan ramah pada alam agar tidak marah sehingga keindahannya mampu membahagiakan rakyat negeri ini.

Quote:
1.Taman Nasional Gunung Leuser
Taman Nasional Gunung Leuser merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan pantai, dan hutan hujan tropika dataran rendah sampai pegunungan. Hampir seluruh kawasan ditutupi oleh lebatnya hutan Dipterocarpaceae dengan beberapa sungai dan air terjun. Terdapat tumbuhan langka dan khas yaitu daun payung raksasa (Johannesteijsmannia altifrons), bunga raflesia (Rafflesia atjehensis dan R. micropylora) serta Rhizanthes zippelnii yang merupakan bunga terbesar dengan diameter 1,5 meter. Selain itu, terdapat tumbuhan yang unik yaitu ara atau tumbuhan pencekik.

Satwa langka dan dilindungi yang terdapat di taman nasional antara lain mawas/orangutan (Pongo abelii), siamang (Hylobates syndactylus syndactylus), gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis), harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), kambing hutan (Capricornis sumatraensis), rangkong (Buceros bicornis), rusa sambar (Cervus unicolor), dan kucing hutan (Prionailurus bengalensis sumatrana). Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir. Berdasarkan kerja sama Indonesia-Malaysia, juga ditetapkan sebagai “Sister Park” dengan Taman Negara National Park di Malaysia.
Spoiler for Gunung Leuser:
Quote:
2.Pulau Bengkaru
Pulau Bengkaru adalah pulau yang berada di wilayah Aceh Singkil, berlokasi di Kepulauan Bengkaru Kecamatan Pulau Banyak. Jarak dengan ibukota kabupaten 48 mil laut dan kecamatan 24 mil laut. Prasarana perhubungan cukup baik, untuk menuju kesana para wisatawan cukup dengan menggunakan jasa penyeberangan kapal feri atau speed boat.Di antara daya tarik di Pulau Bengkaru adalah penangkaran penyu hijau. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di sana oleh para wisatawan adalah bermain selancar, berenang dan snorkeling.
Spoiler for Pulau Bengkaru:
Quote:
3.Pantai Cemara Indah
Pantai Cemara Indah Gostel adalah obyek wisata hamparan pantai yang biru, berlokasi di Desa Gosong Telaga Kecamatan Singkil utara. Jarak dengan ibukota kira-kira 25 km dan kecamatan 5 km. Di antara fasilitas obyek wisata yang ada di Pantai Cemara Indah Gostel antara lain yaitu pentas, gallery café, pondok santai, mushala, mck, pondok santai dan permainan anak.
Spoiler for Pantai Cemara Indah:
Quote:
4.Danau Tanabara
Danau Tana Bara adalah danau yang berlokasi di Desa Tana Bara Kecamatan Gunung Meriah. Adapun jarak dengan ibukota kabupaten 70 km dan kecamatan 15 km. Fasilitas obyek wisata di daerah ini adalah budidaya ikan kerambah air tawar dan kolam pancing.
Spoiler for Danau Tanabara:
Quote:
5.Danau Cingkam
Danau Cingkam hampir sama dengan Danau Tanabara, bedanya Danau Cingkam berlokasi di Desa Cingkam /Kolok Kecamatan Gunung Meriah. Jarak dengan ibukota kabupaten adalah 80 km dan kecamatan 20 km. Fasilitas obyek wisata yang ada adalah budidaya ikan air tawar, udang dan kolam pancing. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan di sana biasanya memancing.
Spoiler for Danau Cingkam:
Quote:
6.Lae Gecih
Air terjun Lae Gecih berlokasi di Desa Kuta Tinggi/Lae Gecih Kecamatan Simpang Kanan. Jarak dengan ibukota kabupaten yaitu kira2 90 km dan kecamatan 20 km. Kegiatan masyarakat di daerah ini mayoritas budidaya ikan air tawar dan bertani, sehingga wisatawan yang berkunjung di daerah ini dapat melihat kegiatan pedesaaan. Diharapkan Pemkab lebih mempublisir potensi wisata dan kekayaan alamnya melalui berbagai media sehingga tersebar luas sampai ke mancanegara. Semoga potensi wisata Singkil tidak tersembunyi berlama-lama. (int)
Spoiler for Air Terjun Lae Gecih:


Sumber http://www.medanbisnisdaily.com/news...g_tersembunyi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya