Kamis, 01 Desember 2011

Perkembangan Peti Kemas





Dengan semakin meningkatnya kebutuhan pemakaian sarana peti kemas untuk pengangkutan barang – barang / komoditi / cargo untuk export – import maupun lokal, maka diiringi juga oleh perkembangan jenis dan bentuk peti kemas itu sendiri, atau dengan kata lain peti kemas berevolusi dengan jenis barang yang akan dilayaninya.
Pada tahun 1970 dicatat bahwa cargo yang di layani oleh peti kemas sebanyak 47 juta ton atau populasi muatan sekitar 450.000 Teus.
Tahun 1984 sekitar 225 juta ton atau 4,7 juta Teus. Hingga 10 tahun sebelum ini yaitu tahun 1998 sudah mencapai 1.100 juta ton atau 60,3 juta Teus
.
Berbagai bentuk peti kemas di buat seperti :

Quote:
Bentuk biasa yaitu jenis, “ closed box container with side doors” dimana peti kemas hanya bisa dibuka pada satu sisi pintu, biasanya dipakai untuk barang – barang dengan bentuk palet / box / atau dengan bentu yang teratur dan muadah penyusunannya.

Quote:
“ Open Top – Open Sided “ yaitu peti kemas yang bisa dibuka pada sisi atas dan sisi lainnya yang bukan merupakan pintu peti kemas tersebut, biasanya untuk barang – barang yang over length dan over height.
Spoiler for PICT:
Quote:
“ Open Top “ yaitu peti kemas yang bisa dibuka pada bagian sisi atas saja selain pintu peti kemas tersebut, digunakan untuk barang – barang over height.
Spoiler for PICT:
Quote:
“ Open Side “ yaitu peti kemas yang bisa dibuka pada bagian sisi samping saja selain pintu peti kemas tersebut, biasnya dipakai untuk barang – barang over lenght.
Spoiler for PICT:
Quote:
“ Container with thermal “ yaitu jenis peti kemas yang didalamya dilengkapi oleh mesin pendingin atau pemanas , terdiri dari berbagai jenis yaitu, Insulated Containers, Heated Containers, Refrigerated Containers. Peti kemas jenis ini biasanya digunakan untuk membawa buah – buahan, obat – obatan, sayur – sayuran dan barang lain yang rentan dengan cuaca dan suhu.
Spoiler for PICT:
Masih banyak bentuk lainnya seperti ; ” Container Rack “, “ Container Flat “, “ Container Tank “, dimana bentuk dari peti kemas tersebut menyesuaikan dari bentuk barang – barang yang akan di bawa.

Quote:

Perkembangan perdagangan export – import maupun lokal yang cederung melirik penggunaan peti kemas, juga memacu perkembangan teknologi kapal – kapal yang akan melaksanakan pelayanan terhadap peti kemas. Bentuk evolusi yang ada adalah ,

Quote:
“ Multi Deck Break Vessels”, yaitu kapal yang melakukan pelayanan peti kemas dengan memamfaatkan bagian atas deck kapal tersebut. Sedangkan bagian palka – palka kapal masih dipergunakan untuk kebuthan cargo lainnya.
Spoiler for PICT:
Quote:
” Multipurpose Carriers ” adalah kapal – kapal yang memamfaatkan salah satu saja bagian atas deck dan palka untuk petkemas, sedangkan bagian lainnya baik bagian atas deck maupun palka masih dipakai untuk cargo yang lain.
Spoiler for PICT:
Quote:
” Semi Containers Ship / Containers Bulk Cariers ” merupakan kapal – kapal yang melayani petikemas secara keseluruhan baik diatas deck maupun di palka kapal, tetapi masih bisa dimamfaatkan oleh cargo lainnya selain melayani pengangkutan peti kemas
Spoiler for PICT:
Quote:
” Cellular Container Ship ” yaitu jenis kapal yang benar – benar berorientasi terhadap pelayanan pengangkutan peti kemas baik secara export/ import maupun lokal.
Spoiler for PICT:
Hingga pada kapal – kapal yang melayani kapal juga terjadi proses yaitu ” Containership Evolution ”, dengan beberapa generasi yaitu :
Quote:
"
Quote:
Generasi pertama, sebelum tahun 1950, dengan panjang kapal 450 m, kapasitas angkut dibawah 1.000 Teus, dan pada tahun 1950 – 1970 panjang kapal 630 m dengan kapasitas angkut 1.000 Teus.
Quote:
Generasi ke dua pada tahun 1970 – 1980 yaitu dengan panjang kapal 700 m dengan kapasitas angkut 2.000 Teus.
Quote:
Generasi ke tiga, ( Panamax Class ) pada tahun 1980 – 1990 panjang kapal mulai dari 880 m sampai dengan 950 m dengan daya angkut sampai dengan 3.000 – 4.000 teus
Spoiler for PICT:
Quote:
Generasi ke empat, ( Post Panamax ) tahun 1990 hingga sekarang rata – rata panjang kapal antara 900 m – 1.000 m dimana sanggup melayani hingga 4.000 Teus – 5.000 Teus.
Spoiler for PICT:


Quote:
Terminal peti kemas
Quote:

Spoiler for PICT:


Spoiler for PICT:


Spoiler for PICT:


Spoiler for PICT:


Spoiler for PICT:

Terminal peti kemas adalah terminal dimana dilakukan pengumpulan peti kemas dari hinterland ataupun pelabuhan lainnya untuk selanjutnya diangkut ke tempat tujuan ataupun terminal peti kemas (Unit Terminal Container disingkat secara umum "UTC") yang lebih besar lagi.

Perkembangan di Indonesia

Terminal peti kemas (UTC) pertama di Indonesia terletak di Pelabuhan III Timur Tanjung Priok, Jakarta. Peresmian pengoperasiannya pada tanggal 20 Mei 1981.

Terminal Peti Kemas Terdiri:

Dermaga untuk sandar.
Lapangan penumpukan
Derek raksasa

Terminal peti kemas yang berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun belakangan ini adalah Terminal peti kemas JICT, KOJA di Jakarta,Bojonegara di Cilegon, TPS di Surabaya, TPK Semarang, TPK Belawan.

Quote:
Berat
Berat maksimum peti kemas muatan kering 20 kaki adalah 24,000 kg, dan untuk 40 kaki (termasuk high cube container), adalah 30,480 kg. Sehingga berat muatan bersih/payload yang bisa diangkut adalah 21,800 kg untuk 20 kaki, 26,680 kg untuk 40 kaki

Quote:

Truk peti kemas
Quote:
Quote:
Spoiler for PICT:
Quote:
Spoiler for PICT:
Quote:
Spoiler for PICT:

Truk peti kemas disebut juga truk kontainer adalah kendaraan pengangkut peti kemas terdiri dari kendaraan penarik (tractor head) dan kereta tempelan dimana peti kemas ditempatkan.

Trend angkutan barang dengan peti kemas meningkat dengan cepat karena intermodalitynya yang tinggi sehingga mempermudah bongkar-muat/handling dari barang yang mengakibatkan biaya angkutan secara keseluruhan menurun dengan drastis. Disamping itu keamanan dari barang juga lebih tinggi.
Demikian gan sedikit info dari ane, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya