Selasa, 20 Desember 2011

Share - Mencoba Chromium OS dari Google - Era Cloud Computing OS





Mungkin memang sudah sebentar lagi era bagi Cloud Computing akan tenar di dunia IT. "Cloud Computing,yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi komputasi awan. Seluruh perusahaan IT besar seperti IBM, Microsoft, Google, dan Apple, saat ini sedang terlibat dalam peperangan untuk menjadi penguasa terbesar terhadap Cloud Computing ini.

Salah satu Operating System (OS) yang sudah menerapkan teknologi dari Cloud Computing ini adalah Chromium OS dari Google. Dimana kita menjalan OS ini secara online, tidak perlu lagi menginstall di lokal PC kita. Tidak membutuhkan hardisk atau media penyimpanan lagi. Semua program akan dijalankan secara online. Yang terpenting adalah koneksi internet yang cepat.

Untuk mencobanya terlebih dahulu kita harus mendownload dari sini : http://gdgt.com/google/chrome-os/download/. Untuk dapat mendownloadnya terlebih dahulu harus membuat account disana dan login dahulu baru bisa mendownload image filenya.

Yang saya download adalah image untuk virtualbox. Karena saya akan menjalankannya secara virtualisasi menggunakan VirtualBox. Filenya kurang lebih berukuran 300MB. Tidak perlu menggunakan hardisk, yang terpenting untuk menjalankan OS yang berbasis Cloud Computing seperti Chromium OS ini adalah RAM dan Koneksi Internet yang cepat.

Saya menjalankan VirtualBox dari Linux Ubuntu 10.04 dengan alokasi RAM untuk Chromium OS 1GB. Tinggal mounting saja image dari Chromium OS di virtualbox.



Untuk login silahkan menggunakan login account gmail anda. Ini adalah proses bootingnya. Cukup cepat prosesnya.



Dan inilah tampilan awal dari Chromium OS setelah berhasil booting :





Semua aplikasinya berbasis Web. Setiap aplikasi yang dibuka akan ada di tab baru pada browser :





Lihat gambar diatas, semua aplikasi akan dijalankan secara online melalui browser yang ada dan merupakan aplikasi layanan bawaan dari Google. Untuk melakukan setting juga sangat mudah, lihat dibagian kanan atas, ada icon-icon tombol untuk melakukan proses setting. Mulai dari koneksi, setting browser hingga status battery juga ada disana :







Cukup mudah untuk melakukan setting pada Chromium OS ini. Dan jika sudah selesai kita tinggal mematikan saja power PC atau Notebooknya. Tidak perlu khawatir akan hardisknya rusak karena OS ini tidak di install dan hanya dijalankan di RAM saja, jangan lupa untuk menyimpan terlebih dahulu semua hasil pekerjaan anda.



Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya