Minggu, 11 Desember 2011

[Trip Report]Indahnya Indonesiaku : Pulau itu bernama Samalona

Dont trust anything in the internet unless you checking it first!! jangan percaya yang kamu baca di internet sebelum kamu benar benar memastikannya!! mungkin itulah yang keluar dari pikiran saya ketika pertama kali ber backpacking ria ke makassar. Bagaimana tidak!? ternyata semua yang saya bayang kan ketika membaca informasi di internet dan kenyataan di lapangan sedikit meleset, eh,, meleset lumayan jauh

Berdasar data - data yang saya cari dari berbagai sumber , Pulau Samalona termasuk ke dalam wilayah kota Makassar, kecamatan ujung pandang, Sulawesi Selatan. Untuk akses ke pulau ini cukup mudah, karena hanya berjarak 20 – 30 menit laut, dengan menyewa boat milik nelayan yang banyak ditemukan di penyeberangan kayu bangkoa. Saya sendiri kemarin menyeberang dari depan benteng Fort Rotterdam, karena ternyata juga terdapat dermaga kapal nelayan di depan benteng Fort Rotterdam. Harga sewa untuk satu perahu 300 ribu untuk pulang pergi dalam satu hari, dan 400 ribu jika kita ingin menginap dan di jemput keesokan paginya (mungkin harga bisa turun lagi karena saya kurang bisa menawar).

Pulau Samalona Dengan Dermaga nya

Awan tebal, kota Makassar di kejauhan

Akomodasi sudah banyak tersedia di Pulau Samalona ini, meski harganya agak terlalu mahal, dan ada yang tidak sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan, saya sendiri mendapatkan penginapan dengan model guest house dengan harga 500 ribu untuk sehari semalam, termasuk makan malam dan sarapan pagi, itu pun melalui tawar menawar yang alot. Alternatif lain yang lebih murah, anda bisa membawa tenda dan camping di pulau ini, beberapa bagian pulau cukup lapang untuk mendirikan tenda, dan cukup aman untuk mendirikan tenda. Awalnya saya ingin ber-camping ria saja, karena bisa menghemat, apa lagi untuk konsep budget backpacking, namun karena beberapa hal non teknis, saya mengurungkan niat saya ber-camping ria.

Pulau Samalona, cukup lapang untuk mendirikan tenda

Fact About Samalona

Daya tarik andalan dari pulau ini sebenarnya adalah diving dan snorkling, dimana untuk diving kita bisa melihat beberapa kapal karam sisa perang dunia ke II, yang telah berubah wujud menjadi karang dan sekarang menjadi tempat tinggal ratusan biota laut, yang beraneka ragam jenisnya (berdasar website resmi pariwisata makassar), namun saya tidak mencoba diving, selain tidak punya lisensi saya juga belum bisa menyelam hehehe,, saya hanya mencoba daya tarik andalan yang lain (katanya), yaitu snorkling. Sayang saya harus kecewa karena untuk snorkling benar - benar kurang menarik, selain peralatan yang disewakan kurang terawat, ketika melakukan snorkling pun saya tidak melihat sesuatu yang menarik, hanya batu – batuan yang di bilang “karang” oleh penduduk setempat, tapi menurut saya hanyalah batu biasa yang di fungsikan untuk menahan beberapa sisi pulau dari abrasi gelombang laut.

Sunset di suasana berawan, Pulau Samalona

Bisa melihat sunset dan sunrise sebenarnya merupakan salah satu daya tarik andalan dari pulau ini, namun saya kurang beruntung karena saya berkunjung pada musim penghujan, akhirnya saya hanya mendapatkan sunset dengan awan tebal, dan awan hitam yang bisa mengamuk setiap saat, untuk menurunkan hujan deras  , namun akhirnya masih terobati dengan menyaksikan pemandangan malam hari kota Makassar di kejauhan dari Pulau Samalona yang cukup fantastic, dari Pulau Samalona kita bisa melihat ribuan cahaya berkilau dari kota Makassar.

Jutaan sinar Kota Makasar di kejauhan, view dari pulau samalona di malam hari

Secara umum dengan segala kekurangan dan kelebihannya, Pulau Samalona tetap bisa dijadikan sebagai tujuan berlibur dan melarikan diri dari kesibukan. Mungkin konsep Cast Away holiday bisa menjadi ide yang bagus untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke pulau ini. Pulau Samalona sangat cocok untuk konsep Cast Away holiday, karena meski lokasi pulau cukup dekat dengan Makassar namun menyediakan suasanya yang sunyi dan jauh dari teknologi, hal itu bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang sudah jenuh dari aktifitas dan ingin menyendiri ke sebuah pulau yang terpencil hehehe,,, semoga dinas pariwisata makassar tanggap dan memperbaiki kualitas daya tarik pulau samalona terutama fasilitas snorklingnya, karena Pulau Samalona yang sekarang anda tidak akan melihat apa – apa ketika snorkling, selain batu,, air hijau,, batu,, arrrgh, mana ikan nya  atau saya yang salah waktu kedatangannya?

Tips dan trik ketika berkunjung ke pPulau Samalona:

1. Harga penginapan antara 300 – 500 untuk per harinya, tergantung fasilitas yang disediakan, kalau anda jago menawar dan raja tega mungkin masi bisa turun lagi

2. Harga sewa alat snorknling 30 ribu satu set, 50 ribu dua set.

3. Harga ikan di pulau ini cukup mahal 30 ribu untuk ikan yang kecil, kata penduduk lokal, jarang yang mencari ikan di pulau ini, ikannya di beli dari nelayan, makanya jadi lebih mahal.

4. Jika ingin melihat surise dan sunset, berangkatlah ke pulau pada siang hari dan kembali ke Makassar pada ke esokan harinya, dan HINDARI datang pada musim penghujan, awan tebal cenderung banyak terbentuk, kesempatan mendapatkan sunset dan sunrise yang perfect akan hilang.

5. Di pulau ini tidak ada air tawar kecuali anda mau beli dengan harga yang mahal, jadi siap - siap saja tidak mandi kecuali hujan , bawa air minum yang cukup, sesuaikan dengan lama waktu menginap anda di pulau ini, karena satu – satunya minuman yang menurut saya murah dan manusiawi adalah kelapa muda dengan harga 15 ribu per bijinya.

6. Bawa lotion anti nyamuk, karena meski di tengah laut, nyamuk nyamuk lokal cukup kejam untuk menghisap darah anda sedikit demi sedikit.

7. Jangan Sembarangan duduk di balai - balai yang disediakan, paling murah bayarnya 30 ribu hehehe, mending ngesot di pasir dah, lebih enak

Rincian biaya berlibur ala backpacking medium budget di Pulau Samalona:

1. Sewa perahu 400 ribu, share 2 orang, @orang: 200 ribu, semakin banyak orang semakin murah, namun kapasitas maksimal kapal rata – rata 8 orang saja.
2. Sewa Penginapan ala guest house 515 ribu, termasuk makan malam + makan pagi untuk 3 orang, 2 snorkling set + 15 ribu kelapa muda satu biji.