Kamis, 08 Desember 2011

Wisata Pantai Pulau Nusa Barong, Jember


Quote:


Nusa Barung (atau Barong) adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur.
Pulau ini adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Barung ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Jember, sebelah selatan dari provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Quote:
Nusa Barung merupakan sebuah cagar alam sejak tahun 1920. Di pulau ini dapat ditemukan banyak spesies burung, serangga, dan tumbuhan. Fungsi pokok cagar alam ini adalah sebagai perlindungan bagi lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah serta mempunyai jenis flora antara lain Calophyllum inophyllum, Sonneratia alba, Sterculia foetida, Terminalia catappa, Avicennia spp., Barringtonia spp., Alstonia spanthulatus, Alang-alang - Cylindrica imperata, Dillenia sp., Ficus amplas, Lumnitzera spp., Pleiornium sp., Rhizophora spp., Supatorium sp., Tamarindus sp., Vatica walichii, Vitex pubescens, Xylocarpus spp. dan Salah satu ancaman bagi cagar alam ini adalah penebangan kayu secara ilegal.
Quote:
Luas :
6.100 Hektar

Dasar :
GB. Tanggal 11 Juli 19920 No. 46 Stbl 1920 No. 736 diperbaharui Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 110/ VIII/1957.

Letak Lokasi :
Di perairan Samudera Indonesia, termasuk Desa Puger Kecamatan Puger, Daerah Tingkat II Kabupaten Jember.

Cara Mencapai Lokasi:




Potensi:

- Flora
Jenis-jenis tumbuhan di kawasan Cagar Alam Nusa Barong yang diketahui sebanyak 46 jenis. Beberapa jenis. Beberapa jenis yang mudah dijumpai diantaranya Endog-endogan (Xanthophyiium excelsum), Klampok hutan (Eugenia sp), Bogem (brugeura sp), Kalak (Mitrophora javanica), Laban (Vitex pubesecens), Salakan (Palmae sp).

- Fauna
Berbagai jenis satwa liar yang terdapat di kawasan Cagar Alam Nusa Barong diantaranya terdiri dari jenis-jenis mamalia, aves, reptil. Jenis Mamalia yang sering dijumpai yaitu Kera (Macaca fascicularis), Babi hutan (Sus scropa) dan Tupai (Scewius notakas). Jenis-jenis Burung antara lain Pecuk ular (Antinga rufa), Kuntul (Egrelta sp), Iblis hitam (Plenadis falsinallus), Elang (Elanus sp) dan Burung Rangkong (Aceros undulatus).

- Panorama
Kawasan Cagar Alam Nusa Barong memiliki panorama alam berupa pantai pasir putih yang terdapat dibagian utara. Selain suasana alam pantai yang indah, di pantai ini sering didatangi Rusa (Cervus timorensis) bermain dipantai dan Kera (Macaca Fascicularis) yang mencari makan berupa siput dan ketam.

- Keunikan
Berbagai jenis dan warna Terumbu Karang yang terdapat di perairan pantai kawasan Cagar Alam Nusa Barong merupakan salah satu keunikan dan ciri khas yang ada di kawasan ini, dan merupakan tantangan untuk penelitian biota laut.

Quote:
Pantai P. Nusa Barong

Spoiler for P.Nusa Barong:

Spoiler for P.Nusa Barong:

Spoiler for P.Nusa Barong:

Spoiler for P.Nusa Barong:

Spoiler for P.Nusa Barong:

Spoiler for P.Nusa Barong:

Spoiler for P.Nusa Barong:

Spoiler for P.Nusa Barong:

Quote:
FAUNA

Spoiler for Macaque_a_longue_queue:

Spoiler for Stavenn_Trachypithecus_auratus:

Spoiler for Egretta_garzetta_Linne:

Spoiler for Beach_Thick-knee_Inskip:

Spoiler for Collared_Kingfisher:

Spoiler for Common_Redshank_Tringa_totanus:

Spoiler for astern_Reef_Egret_-_dark_and_light_:

Spoiler for MC_Silberreiher:

Spoiler for Red-flush_Cattle_Egret:

Spoiler for Stork-billed_Kingfisher:

Spoiler for Hawaii_turtle:


Sumber :
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya