Kamis, 08 Desember 2011

Makhluk Legenda dalam Mythologi [+Pict]

Istilah Mitologi telah dipakai sejak abad 15, dan berati “ilmu yang menjelaskan tentang mitos”. Di masa sekarang, Mitologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Menurut pakarnya, Mitos tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda, cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisah fiksi. Mitos dan agama juga berbeda, namun meliputi beberapa aspek.



Quote:
Spoiler for 1:
Griffin
Spoiler for pict:



Griffin dilambangkan sebagai singa dengan kepala dan sayap elang.

Diyakini sebagai makhluk yang sangat kuat karena singa sebagai raja dari binatang dan elang adalah raja dari burung.

Pada zaman kuno, dianggap sebagai pelindung Tuhan. Makhluk ini terlihat pada saat peradaban Minoan (2700-1450 SM)


Spoiler for 2:

Phoenix
Spoiler for pict:


Phoenix
Phoenix adalah burung api mitologi Mesir kuno yang digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api.

Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. Pada akhir kehidupan, Phoenix diperintahkan untuk membangun sarang dari ranting kayu manis yang kemudian terbakar.

Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix muda baru muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah sekitar tahun 500 -1461 SM. Airmata Phoenix diyakini menyembuhkan luka


Spoiler for 3:

Minotaur
Spoiler for pict:



Dalam mitologi Yunani, Minotaur mempunyai badan bagian atas banteng dan tubuh manusia yang lebih rendah.

Minotaur dikatakan tinggal di tengah labirin dengan jalanan besar yang rumit seperti konstruksi Raja Minos dari Crete.

Didesain oleh Daedalus dan diketahui berada di lokasi Knossos. Minotaur terlihat singkat pada adegan Satyricon oleh Petronius. Dan dibunuh oleh Theseus


Spoiler for 4:

Unicorn
Spoiler for pict:



Unicorn biasanya digambarkan sebagai kuda dengan kepala tanduk panjang, namun yang asli memiliki jenggot seperti kambing, ekor singa, dan kuku split.

Unicorn adalah satu-satunya makhluk legenda yang tidak menakuti manusia, dan biasanya digambarkan sebagai yang halus. Dikatakan tidak mungkin untuk menangkap unicorn. Tanduk mengatakan untuk menetralkan racun.

Unicorn pertama kali dikenal sebagai peradaban lembah Indus (3300-1700 SM)


Spoiler for 5:

Gorgon
Spoiler for pict:


Gorgon adalah wanita jahat gigi taring dan ular hidup sebagai pengganti rambut.

Legenda mengatakan jika orang melihat muka Gorgon maka akan berubah menjadi batu.

Kemungkinan Gorgon yang paling terkenal adalah Medusa yang merupakan satu-satunya perempuan di antara 3 bersaudara yang paling besar (yang lain adalah Stheno dan Euryale).

Karena Medusa besar, Perseus hanya bisa membunuhnya dengan memotong kepalanya ketika ia melihat bayangan sendiri di perisai Perseus. Deskripsi Gorgon digunakan Yunani untuk menggambarkan kejahatan


Spoiler for 6:

Mermaid
Spoiler for pict:


Mermaid (atau Merman untuk laki-laki) telah dibicarakan sejak 5000 SM.
Bahkan Christopher Columbus mengatakan ia telah melihat dalam perjalanannya. Dalam dongeng Inggris mereka dianggap sebagai kutukan atau peringatan bencana


Spoiler for 7:

Chrysaor
Spoiler for pict:



Chrysaor merupakan saudara dari Pegasus. Sedikit yang dapat diketahui dari Chrysaor tetapi kemudian ia dikenal sebagai prajurit yang berhati kuat dan gagah berani. Namanya berarti pedang emas. Dia berayahkan Geryon. Penampilannya tidak diketahui, tetapi berdasarkan cerita ia tidak terlihat sebagai pada umumnya. Dia kemungkinan sebesar raksasa.


Spoiler for 8:

Satyr
Spoiler for pict:



Satyr aslinya terlihat seperti kambing dewa di masyarakat Yunani kuno. Gambar pertama satyr laki-laki normal, walaupun sering terlihat dengan ereksi penis.

Kemudian digabungkan dengan mitologi Roma dimana mulai digambarkan sebagai setengah manusia (atas) dan setengah kambing (bawah). Satyr digambarkan sebagai nakal, merusak dan berbahaya, pemalu dan pengecut.

Di masa lalu mereka sering digambarkan memiliki tanduk tepukan di kepala, dan muda tampaknya memiliki banyak masalah



Spoiler for 9:

Leviathan
Spoiler for pict:



Leviathan adalah salah satu monster laut yang paling melegenda. Leviathan adalah salah satu tokoh di Talmud Yahudi (Perjanjian lama, Alkitab) yang merupakan seekor monster ganas yang mengarungi samudera.Leviathan dikatakan sebagai yang terbesar, ular naga laut (sea serpent) yang terbesar, dan terkuat, dan di Alkitab dilambangkan sebagai sesuatu yang jahat. Menurut legenda Yahudi kuno, Leviathan memakan satu ekor paus dalam sehari dan memiliki mata yang bercahaya didalam kegelapan malam ketika Leviathan melompat di samudera dan menyerang kapal.



Spoiler for 10:

Hipogryff
Spoiler for pict:



Hippogriff adalah bangsa makhluk legendaris yang masih berkerabat dekat Griffin, yang seringkali dilukiskan sebagai makhluk berwujud setengah burung rajawali/elang, dan setengah kuda. Kepala dan badan depannya menyerupai rajawali sedangkan tubuh bagian belakangnya berupa tubuh dan kaki kuda. Menurut legenda, Hippogriff merupakan makhluk hasil perkimpoian antara kuda dengan Griffin.

Kesimpulannya, Hippogriff memang seperti Griffin, namun ia lebih jinak sehingga lebih mudah untuk dikendalikan. Dalam dongeng-dongeng dan kisah fiksi fantasi, Hippogriff sering berperan sebagai hewan peliharaan atau kendaraan bagi ksatria dan/atau tukang sihir. Hal itu membuat Hippogriff menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau tempat-tempat jauh, nyaman ditunggangi, dan secepat kilat.



Spoiler for 11:

The Nemean lion
Spoiler for pict:



The Nemean lion adalah monster ganas dalam mitologi yunani. Nemean Lion adalah anak dari Typhon dengan Echidna, saudara Theban Sphinx.Diceritakan bahwa Nemean Lion dikalahkan oleh Hercules dengan tangan kosong karena tidak ada senjata yg dapat melukai Nemean Lion. Setelah Nemean Lion dikalahkan, kulitnya dijadikan mantel oleh Hercules.



Spoiler for 12:

Nekomata
Spoiler for pict:



atau kucing kegelapan, merupakan makhluk dalam mitologi japan, merupakan makhlukyang mampu mengendalikan kematian, dan memiliki kekuatan hitam, dalam mitos perang sembilan dewa nekomata memiliki lambang kegelapan , di kisahkan nekomata merupakan kucing dengan dua sayap hitam malaikat dan dua ekor,dan mampu mengubah wujud menjadi manusia.

secara turun menurun nekomata diceritakan sebagai kucing yang berevolusi dari dendam karena siksaan pemiliknya.


SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya