Kamis, 04 Juli 2013

9 Negara Pemilik Bom Nuklir Terbanyak


Semakin Panas Kepentingan Antar Individu dan Negara Semakin Besar. Ancaman Perang Juga Semakin Terbuka.Tapi Kalo Perang Nuklir ??  Pengembangan senjata Nuklir ini dimulai sejak PD II.Hingga sekarang beberapa negara masih berlomba mengembangkan nuklir. 
Nih Negara yang punya Senjata Nuklir Terbanyak Di Dunia
1. Amerika Serikat ( United States Of America)


Test Pertama tahun1945
Ukuran Persediaan Nuklir :5.113
Test Nuklir Terakhir :1992
Amerika melakukan total 1.054 kali percobaan nuklir dan memiliki jangkauan Bom sejauh 13.000 KM. Test nuklir US yang pertama kali,"Trinity", tahun 1945 merupakan ledakan bom nuklir pertama kali di dunia.Kemudian seorang Ilmuwan sangat terkenal, Albert Einstein mengusulkan pada Presiden Amerika Franklin Rosevelt untuk membuat senjata bom nuklir. Hingga akhirnya digunakan melumpuhkan Jepang saat itu, dengan menjatuhkan "little boy" di kota Hiroshima dan Nagasaki, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.

Saat ini Amerika memiliki 20 pusat pengembangan nuklir. Walaupun demikian, Amerika pernah melakukan beberapa kesalahan pada saat melakukan percobaan bom nuklirnya, antara lain di kota Atlantic, New Jersey pada tahun 1957, di daerah Thule Air Base, Greenland pada 1968, Savannah, Georgia pada 1958, Goldsboro, North Carolina pada 1961, di perairan dekat Palomares, Spanyol pada 1966 dan di dekat Okinawa pada 1965.

2. Russia

Test Pertama :1949
Ukuran Persediaan Nuklir 2,825, Rekor Stok terbanyak mencapai: 41,000
Test Nuklir Terakhir :1992
Russia menjadi negara kedua yang meledakan bom nuklir di dunia, yaitu pada tahun 1949. Pada tahun 1990 Russia melakukan sedikitnya 715 test nuklir termasuk juga penggunaan 969 peralatan nuklir. "Joe-1" adalah nama dari ledakan pertama nuklir Rusia. Ledakan ini berkekuatan hingga 20 Kilo Ton!.

Gambar di atas adalah gambar "Tsar Bomb", yang merupakan bom nuklir terberat yang pernah diledakan Rusia pada tahun 1967. Ledakan ini berkekuatan hingga 57.000 kilo ton!. Walaupun sebenarnya direncanakan untuk mampu mencapai kekuatan 100.000 kilo ton!!.
Bom nuklir terbesar kedua yang diledakanadalah Castle Bravo. Diledakan tahun 1954 oleh Amerika. Ledakan ini berkekuatan hingga 15.000 Kilo Ton.


3. Inggris


Test Pertama : 1952
Ukuran Persediaan Nuklir : 225
Test Nuklir Terakhir :1991
Tahun 1968, Inggris menandatangani perjanjian untuk tidak mengembangkan Nuklir (Nuclear Non-Proliferation Treaty. ). Inggris dan Amerika telah bekerjasama dengan baik di bidang keamanan nuklir hingga sejak tahun 1958 mengadakan persetujuan kerjasama di bidang pertahanan (Mutual Defence Agreement). Ke-dua negara ini telah saling bertukar informasi dan bekerjasama dalam bidang senjata nuklir.

4. Perancis

Test Pertama:1960
Ukuran Persediaan Nuklir:300
Test Nuklir Terakhir :1995
Seperti Inggris, Perancis juga Anggota dari Nuclear Non-Proliferation Treaty. Pada tah1968, Perancis melakukan percobaan bom nuklir yang bersifat Fusion Bom. Perancis pertama kali membuat bom nukir pada tahun 1958, ketika dibawah pemerintahan Charles de Gaulle dan kemudian dilakukan percobaan tahun 1960. Hingga saat ini Perancis telah melakukan sekitar 200 percobaan Nuklir.

5. CHINA

Test Pertama : 1964 
Ukuran Persediaan Nuklir : 240
Test Nuklir Terakhir :1996

Setelah test pertama bom atomnya, China melakukan test Bom Hidrogen pada tahun 1967.China sekarang memiliki sekitar 180 Bom Nuklir aktif yang siap perang. China adalah satu - satunya negara pemilik senjata nuklir yang memberikan asuransi kepada negara - negara yang tidak memiliki senjata nuklir : "China tidak akan menggunakan senjata nuklir untuk melawan negara yang tidak memiliki senjata nuklir dan atau tidak akan meledakan bom nuklir di zona bebas senjata nuklir kapan pun dalam kondisi apa pun."

6. INDIA

Test Pertama : 1974
Ukuran Persediaan Nuklir : 40-95
Test Nuklir Terakhir : 1998

India memiliki senjata nulir dan mampu mengirimnya melalui pesawat udara dan kapal laut. Pasukan bersenjata nuklir ini tengah dikembangkan. Test bom nuklir pertama India dinamakan "Smilling Biddha" atau "Senyum Buddha" yang diharapkan menjadi ledakan nuklir yang damai.?. Namun setelah peledakan pada tahun 1998, India mengalami gelombang sangsi ekonomi dari Amerika, Jepang, dan negara lainnya. Namun sekarang India mendapatkan persetujuan Pakta Nuklir India dari Amerika Serikat, yang memungkinkan India memperoleh akses lebih terhadap teknologi atom milik negara barat.

7. PAKISTAN
Test Pertama : 28 Mei 1998
Ukuran Persediaan Nuklir : 70-90
Test Nuklir Terakhir : 30 Mei 1998

Setelah India melakukan test bom nuklir awal tahun 1998, Pakistan mulai melakukan respon terhadap "Smilling Buddha " itu.PM Pakistan Zulfiqar Ali Bhutto berkata setelah test,"Jika India membuat sebuah bom, kita akan makan rumput dan daun selama ribuan tahun, ..., tetapi kita akan memilikinya(bom) juga. Kaum kristen memiliki bom, yahudi memiliki bom, dan sekarang kaum kristen juga mempunyai bom. Kenapa tidak umat Muslim memilikinya juga?"
Orogram Nuklir Pakistan dimulai tahun 1956, namun program tersebut terhenti ketika Presiden Ayub Khan memaksakan hukum darurat perang yang pertama , ketika para teknisi nuklir meyakinkan presiden untuk memberikan ijin untuk melanjutkan program ini, presiden Ayub Khan menolaknya. Presiden Ayub Khan mengatakan bahwa Pakistan tidak memerlukan bom.

8. KOREA UTARA


Test Pertama : 2006
Ukuran Persediaan Nuklir kurang dari : 10
Test Nuklir Terakhir : 2009
Sebagai negara yang memiliki gudang senjata kimia yang besar, korea utara merupakan negara pemilik nuklir yang "penuh". Sekarang Korea Utara memiliki dua reaktor nuklir yang aktif.Tanggal 9 Oktober 2006 Korea Utara melakukan test nuklir pertamanya.

9. ISRAEL

Test Pertama Dimungkinkan tahun : 1979
Ukuran Persediaan Nuklir Lebih dari : 400
Test Nuklir Terakhir Dimungkinkan tahun : 1979 
Israel bukan hanya diyakini mempunyai senjata nuklir siap tempur, namun juga mampu menembakannya menggunakan misil balistic antar benua, pesawat tempur, dan angkatan laut. Israel meneliti Nuklirnya segera setelah ditemukannya nuklir. Israel membangun reaktor pertama pada 1950, dan membuat senjata nuklir pertamanya tahun 60 an, namun sekarang perlakuan terhadapnya seperti bukan sebagai negara nuklir. Namun,malah negara - negara eropa termasuk Inggris dan Perancis membantu Israel mengembangkan nuklir. 
Israel juga diyakini telah menciptakan bom nuklir mini yang cukup kecil untuk dimasukan kedalam kantong. Bahkan, lebih dari itu, Israel juga dilaporkan memiliki Bom neutron yang jumlahnya tidak diketahui!!

Iran
Masih ada satu lagi gan negara yang dimungkinkan punya bom nuklir tapi masih belum jelas kebenarannya.Meski disinyalir memiliki senjata nuklir, namun tidak diketahui secara pasti senjata Nuklir dan jumlah nuklir yang dimiliki karena Iran selalu berdalih nuklir untuk pengembangan teknologi dan sumber Energi.Hal inilah yang menyebabkan negara barat takut.Karena dikhawatirkan Iran mempunyai senjata nuklir dalam jumlah besar.Kepemilikan Bom Nuklir di Iran juga masih simpang siur karena sulitnya akses untuk memperoleh informasi terkait program nuklirnya.


sumber : wikipedia, realitypod.com
Tapi Ane Lebih  Sama Indonesia karena juga punya fasilitas nuklir meski kecil, tapi kalo pengelolaannya ngawur ya bisa jadi ngeri.
Di Indonesia fasilitas nuklir antara lain PPTA Pasar Jumat, Jakarta (1966), PPTA GAMA, Yogyakarta (1967), dan Reaktor Serba Guna 30 MW (1987) disertai fasilitas penunjangnya, seperti: fabrikasi dan penelitian bahan bakar, uji keselamatan reaktor, pengelolaan limbah radioaktif dan fasilitas nuklir lainnya.
Nih Fasilitas Nuklir Indonesia

Ane Ngeri Bayangin Perang Nuklir.Apalagi Akibat Nuklir Semisal Radiasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya