Kamis, 22 November 2012

Kredit Mobil - Bagaimana Memilih Perusahaan Pembiayaan Yang Tepat


Memilih perusahaan yang tepat untuk membiayai kredit mobil bisa sama membingungkannya dengan memilih mobil yang akan dibeli dan bagaimana membayarnya

Carmall.com - Hal pertama, membeli mobil adalah sebuah keputusan besar. Sama halnya adalah bagaimana membelinya. Apabila bisa membayar tunai, maka tidak ada masalah. Namun bagi kebanyakan dari kita, mengambil pinjaman adalah satu-satunya pilihan. Akan tetapi, terdapat banyak sekali perusahaan pembiayaan yang memberikan tawaran yang sama menariknya, yang pada akhirnya tergantung pada Anda untuk memilih. Untuk mulai memilah, berikut ini adalah variabel-variabel agar pilihan Anda tepat.

Suku bunga tetap atau mengambang?

Bunga pada dasarnya mendefinisikan kredit. Kami yakin Anda akan setuju bahwa semakin ringan bunga pinjaman, hidup terasa lebih mudah. Tapi apa saja pilihan-pilihan yang tersedia menyangkut bunga pinjaman itu sendiri. Sebagai awal, kebanyakan perusahaan pembiayaan di Indonesia, baik itu lembaga intermediasi seperti bank, atau perusahaan pembiayaan murni, menawarkan suku bunga tetap dalam pembiayaan pembelian mobil. Tapi ada juga yang namanya suku bunga mengambang.


Contoh umum kredit mobil ber-suku bunga tetap misalnya 6,25% per tahun selama masa kredit 3 tahun. Ini berarti debitur harus membayar bunga sebesar 6,25% per tahun atas pokok pinjaman setelah dikurangi uang muka.


Suku bunga mengambang? Seperti namanya, suku bunga tersebut mengambang, utamanya relatif terhadap perubahan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang ditentukan oleh bank sentral kita, Bank Indonesia. Bank-bank umum dan perusahaan-perusahaan pembiayaan kemudian akan menyesuaikan suku bunga mereka sendiri untuk menjaga profit margin tertentu, atau dalam istilah keuangan, spread-nya. Alhasil, suku bunga dari kredit mobil jenis ini dapat berfluktuasi. Sedikit ketidakpastian yang bisa menguntungkan, tapi juga bisa merugikan.

Balloon installments/payments

Ada juga yang namanya balloon installments/payments. Cukup baru di Indonesia, tapi sudah mulai ditawarkan. Salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka yang mengadakan kredit mobil jenis ini adalah BCA Finance. Balloon installments dapat dijelaskan sebagai skema kredit dimana sang debitur akan membayar cicilan yang sebagian besar tediri dari pokok pinjaman pada akhir-akhir masa kredit. Cicilan pada masa-masa awal kredit itu sendiri sebagian besar akan terdiri dari bunga dengan hanya sejumlah kecil yang merupakan bagian dari pokok pinjaman. Serta, cicilan yang harus dibayarkan pada periode-periode akhir masa kredit biasanya akan lebih besar. Oleh karena itu, skema kredit semacam ini akan lebih menguntungkan mereka yang sumber pendapatannya tidak tetap atau musiman.
Proses Kredit

Perusahaan pembiayaan yang baik akan berusaha melindungi hak-hak calon debiturnya sama baiknya dengan usaha yang dicurahkan untuk melindungi dirinya dari kerugian atau potensinya. Ciri-ciri kentara soal ini adalah prosedur yang logis, keterbukaan dalam menjawab pertanyaan, dan kesesuaian antara apa yang disebut dalam promosi/iklan dan apa yang terungkap pada proses tanya-jawab lebih dalam. Jadi, pastikan Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis.


Menariknya, semakin sebuah perusahaan teliti dalam menyaring calon debiturnya, biasanya semakin baik hak-hak mereka akan dilindungi dalam perjanjian kredit. Jangan menjadi ragu hanya karena proses yang dilalui sepertinya panjang atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi banyak. Juga, tetap ingat untuk membaca semuanya dengan baik dan pahami apa yang disebutkan kepada Anda. Bertanyalah apabila ada yang tidak jelas.

Asuransi kendaraan

Pada saat Anda mengambil kredit mobil, lazimnya juga akan mengenal asuransi yang menyertainya. Untuk hal ini, ada 2 jenis asuransi kendaraan yang umumnya ditawarkan, All Risk danTotal Loss Only (TLO). Yang terakhir hanya melindungi kehilangan kendaraan terkait curanmor dengan masa perlindungan sampai dengan 12 tahun. Sementara untuk All Risk, cakupannya lebih luas lagi. Kendaraan juga akan dilindungi dari resiko kecelakaan, huru-hara dan bencana alam.

Kesimpulan
-Masing-masing jenis suku bunga memberikan manfaat tertentu kepada konsumen. Jadi, tergantung pada setiap individu konsumen untuk memilih satu yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi mereka.
-Namun sebagai pedoman umum, apabila pendapatan Anda teratur dan tetap, kredit mobil ber-suku bunga tetap adalah pilihan yang lebih baik.
-Suku bunga mengambang adalah juga sebuah pilihan. Tapi harap mempertimbangkan bahwa suku bunga bisa turun, tapi bisa juga naik, dan konsumen bisa saja jadi harus membayar lebih banyak.
-Apabila pendapatan Anda musiman, baik dalam waktu atau jumlah, balloon installmentsmemberikan keleluasaan lebih bagi Anda dalam mengelola pembayaran.
-Kesimpulannya, memang masuk akal untuk mengambil kredit mobil dengan bunga terendah. Akan tetapi, reputasi perusahaan dan proses pengajuan, persetujuan serta tahap-tahap berikutnya yang harus dilalui juga harus dipertimbangkan.
  • title
  • title
  • title
  • title

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya