Senin, 26 November 2012

Mata Hari, Sang Penari Erotis dan Agen Ganda Legendaris

Mata Hari

*klick pic to download higher resolution

Quote:Mata Hari adalah sebuah nama julukan yang diberikan kepada seorang penari erotis yang bernama Margaretha Geertruida Zelle atau biasa dipanggil Margreet. Dia lahir di Belanda pada tanggal 7 Agustus 1876. Kehidupan serta sejarahnya dalam Perang Dunia yang misterius, menjadikannya sebuah legenda yang masih diselimuti mitos hingga kini.

Quote:Kehidupan Awal dan Keluarga

Margreet lahir di Leeuwarden, Friesland, Belanda sebagai anak tertua dari empat bersaudara. Ayahnya bernama Adam Zelle, adalah seorang pemilik toko penjual topi sedangkan istrinya, Antje van der Meulen adalah seorang warga Belanda biasa. Karir Adam memuncak dalam investasi di industri minyak dan menjadikan keluarganya hidup makmur. Bahkan dia berhasil menyekolahkan Margreet di sebuah sekolah terkenal hingga usia 13.

Namun pada 1889, Adam mengalami bangkrut dan bercerai dengan istrinya (dua tahun kemudian istrinya meninggal). Dua tahun berikutnya, Adam kembali menikahi seorang wanita bernama Susanna Catharina ten Hoove di Amsterdam, namun mereka tidak memiliki anak. Keadaan keluarga yang tidak harmonis memaksa Margreet untuk tinggal bersama ayah baptisnya yang bernama Pak Visser di Sneek. Di Leiden, dia mulai belajar sebagai guru TK, namun sang kepala sekolah mulai menggodanya. Kemudian dia keluar dengan saran dari ayah baptisnya. Beberapa bulan kemudian dia kabur ke rumah pamannya di Hogue.


Quote:Kehidupan di Indonesia dan Julukan Mata Hari

Pada usia 18, Margreet membalas sebuah surat kabar terbitan Pasukan Kolonial Belanda yang menyatakan bahwa Kapten Rudolf MacLeod (saat itu sedang tinggal di Indonesia) sedang mencari istri. Mereka menikah di Amsterdam pada 11 Juli 1895. Mereka kemudian tinggal di Malang dan memiliki dua anak yang bernama Norman-John MacLeod dan Louise Jeanne MacLeod.

Namun pernikahan mereka sangat mengecewakan. MacLeod menjadi seorang pemabuk berat yang selalu melampiaskan frustasinya kepada Margreet. Kemudian Margreet pergi meninggalkan MacLeod dan tinggal bersama Van Rheedes, seorang pegawai Belanda. Selama beberapa bulan, dia belajar tarian tradisional Indonesia dan bergabung di sebuah sanggar tari. Pada 1897, dia mendapat julukan Mata Hari.

Margreet kemudian kembali ke suaminya, MacLeod, namun masih belum ada perubahan. Pada 1899, kedua anaknya menderita sipilis, yang mengakibatkan kematian Norman. Setelah kembali ke Belanda, mereka bercerai. Mereka berebut hak asuh Jeanne yang dimenangkan oleh MacLeod. Pada usia 21, Jeanne meninggal.




Quote:Ketenaran di Paris

Pada 1903, Margreet pindah ke Paris dan memulai karir sebagai penunggang kuda sirkus. Namun dia banyak ditolak karena nama MacLeod. Demi bertahan hidup, dia menjalani profesi sebagai foto model. Pada 1905 Margreet memulai ketenarannya sebagai penari erotis dengan menggunakan nama Mata Hari. Dia hidup sezaman dengan Isadora Duncan dan Ruth St. Denis, penggerak era tari modern.

Tidak pemilih, genit serta sexy membuat Mata Hari menuai sukses dari debut perannya di Musee Guimet. Dia kemudian menjadi nyonya rumah industrial Emile Etienne Guimet. Dia juga berpose sebagai seorang putri Jawa. Pada periode ini, dia memiliki banyak sekali foto-foto vulgar bahkan nude. Mata Hari membawa peran provokatifnya ke atas panggung. Aksi yang paling sering dilakukannya adalah menari sambil melepas busana hingga tertinggal bra dan beberapa aksesoris dari berlian. Dia selalu menggunakan stoking yang sama dengan warna kulitnya ketika tampil.

Aksinya tersebut merupakan sebuah gebrakan baru di dunia hiburan Paris yang kemudian terkenal ke seluruh dunia. Aksi menggodanya membuat Mata Hari sangat terkenal sebagai penari erotis legendaris. Kebanyakan orang Eropa saat itu mulai mengenal Indonesia lewat Mata Hari. Sekitar tahun 1910, banyak sekali penari yang mulai mengadopsi gaya Mata Hari. Ini menjadikan tarif aksinya semakin murah. Namun Mata Hari memiliki jadwal menari di beberapa negara. Dia kemudian dipandang rendah oleh institusi kebudayaan sebagai penari yang tidak tahu cara menari.

Mata Hari juga dikenal sebagai pelacur kelas tinggi. Dia memiliki beberapa hubungan dengan pegawai tinggi militer, politikus dan orang-berpengaruh di negara. Hal tersebut membuatnya mampu melampaui batasan internasional. Pada awal Perang Dunia I, dia dipandang sebagai artis biasa. Namun ketika perang meletus, dia dipandang sebagai wanita penggoda yang berbahaya.




Quote:Agen Ganda

Selama Perang Dunia I, Belanda masih netral. Karena sebagai orang penting Belanda, Mata Hari diperbolehkan menyeberangi perbatasan nasional dengan bebas. Untuk menghindari peperangan, dia berpergian antara Perancis dan Belanda lewat Spanyol dan Inggris. Namun pergerakannya menarik perhatian. Pada 1916, dia berpergian menggunakan kapal uap dari Spanyol ketika kapal tersebut dipanggil di pelabuhan Falmouth, Inggris. Dia ditangkap dan dibawa ke London dimana dia diinterogasi oleh Sir Basil Thomson, seorang anti mata-mata Inggris. Pada saat itu dia mengaku bekerja sama dengan pihak Intelejensi Perancis. Tidak diketahui dia berbohong atau tidak dalam kasus ini. Namun ceritanya sangat menarik perhatian saat itu. Kemudian dia dilepaskan dan menginap di Hotel Savoy, dekat kantor polisi.

Pada Januari 1917, militer Jerman yang berada di Madrid mengirimkan sebuah transmisi radio ke Berlin yang menyatakan mata-mata Jerman dengan kode H-21 membutuhkan bantuan. Pihak intelejen Perancis berhasil menyadap pesan tersebut dan mengidentifikasikan H-21 sebagai kode Mata Hari. Pihak Jerman mengetahui bahwa pesan itu berhasil disadap pihak Perancis (pada faktanya bukan Perancis yang menyadap, melainkan tim Room 40 dari Inggris).




Quote:Penangkapan dan Eksekusi

Pada 13 Februari 1917, Mata Hari ditangkap di kamar hotelnya yang berada di Paris. Dia diadili dengan tuduhan menjadi mata-mata Jerman dan bertanggung jawab atas kematian 50.000 tentara Perancis. Walaupun Perancis dan Inggris percaya atas tuduhan tersebut, namun tidak ada yang bisa membuktikan kebenarannya. Saat memeriksa kamar, mereka menemukan tinta rahasia. Namun, Mata Hari menyanggah bahwa itu adalah salah satu peralatan make-up nya. Dia menyatakan bahwa hubungan internasionalnya hanyalah sebagai penari biasa, bukan mata-mata. Namun pada akhirnya, Mata Hari ditemukan bersalah dua hari kemudian dan dieksekusi. Dia meninggal pada usia 41 tahun.



*klick to download full resolution
Quote:Bukti dan Fakta

Seorang author pejuang hak wanita, Pat Shipman, dalam biografinya menyatakan bahwa Mata Hari tidak pernah menjadi agen ganda. Dia digunakan sebagai kambing hitam militer Perancis untuk mengaburkan berita tentang kegagalan tentara lini depan Perancis.

Namun era 1970, sebuah dokumen Jerman membuktikan bahwa Mata Hari adalah agen resmi Jerman. Disitu dinyatakan bahwa pada musim gugur 1915, Mata Hari memulai tugas dari Seksi III B-Chief Walter Nicolai dimana dia diinstruksikan untuk tinggal di Kolonya. Disana dia mendapatkan kode nama, yaitu H21.

Pada Desember 1916, Biro Kedua Perancis dari Kementrian Militer Perancis membiarkan Mata Hari memperoleh nama-nama dari keenam agen Belgia. Lima diantaranya bekerja untuk Jerman dengan menyuplai material palsu, sedangkan yang terakhir bekerja sebagai agen ganda Jerman dan Perancis. Dua minggu setelahnya, agen ganda tersebut dieksekusi pihak Jerman dan sisanya tetap beroperasi. Hal ini memberi cukup bukti untuk Perancis bahwa Mata Hari memberi tahu nama-nama tersebut kepada Jerman.


Quote:Rumor dan Misteri

Tubuh Mata Hari tidak pernah dikembalikan ke keluarganya dan menurut beberapa sumber digunakan sebagai penelitian medis. Kepalanya dibalsemkan dan disimpan di Museum Anatomy Perancis. Namun pada tahun 2000 dinyatakan hilang saat museum pindah pada tahun 1954. Data museum mencatat bahwa pada 1918, museum menerima tubuh Mata Hari, namun sekarang tidak ada yang tersisa.

Pada tahun 1934, muncul artikel dari New Yorker yang menyatakan bahwa pada hari eksekusinya, Mata Hari mengenakan busana yang sama bersihnya saat dikenakan pada masa pengadilan. Namun tak ada deskripsi yang cocok dengan gambar foto.

Seorang wartawan Inggris yang bernama Henry Wales menyatakan bahwa saat itu dia tidak diikat dan menolak untuk ditutup matanya. Wales mencatat bahwa setelah terdengar bunyi senapan, Mata Hari jatuh perlahan di kedua lututnya dengan kepala menghadap ke atas dan ekspresi muka yang datar. Beberapa detik setelahnya, dia berjalan dengan lututnya dan menatap tentara yang menembakinya. Beberapa saat kemudian dia jatuh ke belakang dengan tubuh masi bertumpu pada kakinya. Lalu seorang tentara lain maju dan menembak kepalanya.




Quote:Legenda

Banyak pertanyaan yang timbul pada masa-masa sebelum kematiannya. Cara bagaimana dia menghadapi kematian serta ekspresi-ekspresinya menciptakan sebuah sejarah. Terlebih lagi profesinya sebagai penari erotis dan agen ganda yang menyimpan berbagai rahasia penting militer, menjadikan Mata Hari sebagai inspirasi taktik modern.

Sebuah film mengkisahkan tentang Mata Hari, dibuat pada tahun 1931 yang diperankan oleh Greta Garbo. Film itu mengkisahkan tentang kehidupan nyata Mata Hari namun dengan plot fiksi. Setelah itu Mata Hari mulai terkenal di beberapa film dan video games.

Sebuah novel karya Kurt Vonnegut yang berjudul Mother Night, didedikasikan untuknya. Beberapa buku tentang Mata Hari terbit. Banyak sekali kisah yang diceritakan. Namun sebagian besar hanya masih berupa dugaan.

Nama Mata Hari juga digunakan untuk sebuah nama teater jalanan yang terkenal pada tahun 1967.

Seorang penyanyi bernama Ofra Haza menciptakan sebuah lagu yang mengisahkan tentang Mata Hari dengan bumbu sebuah video epik.

Pada 2007. Tomas Ross meluncurkan buku berjudul De Tranen van Mata Hari (Air Mata Mata Hari) dimana berisi tentang berbagai rahasia Mata Hari. Namun menurut buku tersebut, Mata Hari tak bersalah.

Selama film Kisah Indiana Jones Muda episode "Paris, Oktober 1916" yang tayang pada July 1993. Dikisahkan bahwa Indy terlibat asmasa dengan Mata Hari.

Pada Agustus 2012, prekuel dari ketujuh seri film Doctor Who, mengisahkan tentang perjumpaan sang dokter dengan Mata Hari di sebuah kamar hotel.

Stoking Mata Hari muncul beberapa kali di Syfy. Stoking tersebut membuat sebuah properti menarik untuk menggoda.

Originally posted by:

©2012 baccu





sumber
sumber
sumber
sumber






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya