Minggu, 04 November 2012

7 Lokasi Syuting James Bond yang Termegah

Selama 50 tahun penayangannya di layar lebar, agen 007 telah berpetualang menggagalkan misi jahat para lawannya dalam berbagai lokasi yang eksotis dan sekaligus didesain dengan artistik dan megah.
Penggemar Bond pasti sadar bahwa di balik kisah seru, Bond girl yang seksi dan cantik, serta gadget mutakhir, terdapat set yang ditata sedemikian rupa hingga tampak indah sebagai latar belakang petualangan Bond

Berikut ini 10 set termegah yang ada dari 23 film Bond yang telah ditayangkan, termasuk yang terbaru, SKYFALL. Silakan bernostalgia dengan gambar-gambar setting berikut.


1. Fasilitas Nuklir Crab Key


Sosok James Bond baru menampakkan diri di layar lebar tahun 1962, lewat DR. NO dengan Sean Connery sebagai agen MI6. Dalam film yang set produksinya digarap oleh Sir Ken Adam ini, ada begitu banyak set yang menjadi standar baru film spionase, dan juga sejarah perfilman Hollywood.

Fleming (kanan) dan Connery memperlihatkan setting fasilitas nuklir milik Dr. No, Crab Key yang ada dalam film. Dalam filmnya Crab Key terletak di lepas pantai Jamaika.

2. Reaktor Nuklir + Hotel Bintang Lima


Selama karirnya, Sir Ken Adam telah menerima 2 Oscar untuk dekorasi setnya yang kebanyakan bergaya futuristik, dan menggunakan desain serta bahan yang belum lazim di zamannya. Desainer kelahiran Jerman tersebut yang juga pernah belajar arsitek memberi sentuhan ekspresionis Jerman dan modernisme pada set fasilitas nuklir Crab Key dalam film DR. NO. Adam menggabungkan desain sebuah reaktor nuklir dan hotel bintang bintang lima dalam set produksinya dalam film ini.

3. Rumpus Room


Salah satu set dekorasi yang memorable dari seri awal James Bond adalah dekorasi Rumpus Room yang penuh dengan panel kayu. Ruangan ini adalah markas musuh besar Bond, Auric Goldfinger yang terletak di peternakan Kentucky.

Ruangan yang megah dan elegan ini dapat diubah menjadi kamar gas hanya dengan menekan satu tombol. Dalam ruangan tersebut juga terdapat meja bilyard yang dibaliknya ada miniatur Fort Knox.

Muncul dalam film GOLDFINGER (1964)

4. Stasiun Peluncuran Roket SPECTRE


Sebagai pemimpin organisasi kriminal SPECTRE dalam YOU ONLY LIVE TWICE, Ernst Stavro Blofeld memerlukan markas besar yang tersembunyi dan juga dilengkapi dengan fasilitas canggih. Ia pun memilih salah satu gunung berapi di Jepang dengan stasiun roket di dalamnya sebagai markas.

Adam kembali menangani pembuatan setnya. Set hasil rancangannya tersebut menjadi set paling mahal dan rumit pada masanya. Dibangun di Pinewood Studios, London dengan biaya jutaan Dollar, set tersebut menyertakan monorail yang bisa dioperasikan, landasan helikopter, pusat komando, dan situs peluncur roket dalam skala sebenarnya. Bayangkan saja, jumlah besi yang digunakan dalam pembuatan set ini lebih banyak dari yang diperlukan untuk membuat konstruksi hotel Hilton di London.

Muncul dalam film YOU ONLY LIVE TWICE (1967)

5. Blofeld’s Penthouse Hideout


Persembunyian Blofeld di penthouse Willard Whyte adalah salahs satu set karya Adam yang dibuat dengan sentuhan yang lebih kontemporer. Desain ruangan bundar yang ada dalam film pernah dipopulerkan sebelumnya dalam film DR. STRANGELOVE. Penggunaan mebel berlapis kulit, atap yang sangat miring, dan lampu gantung bundar berlapis krom membuatnya tampak elegan.

Muncul dalam film DIAMONDS ARE FOREVER (1971)

6. Underwater Lotus Esprit Car


Tak ada film Bond yang tayang tanpa disertai mobil sport yang keren dan mewah. Dalam film THE SPY WHO LOVED ME, sebuah Lotus Esprit bertransformasi menjadi kapal selam lengkap dengan sirip, misil, torpedo, serta bom asap bawah air.

Mobil Lotus ini kabarnya ditemukan oleh sang produser Albert “Cubby” Broccoli, saat mobil tersebut diparkir di luar Pinewood Studios.

Muncul dalam film THE SPY WHO LOVED ME (1977)

7. Moonson Palace


Banyak lokasi eksotis diperlihatkan dalam seri James Bond, OCTOPUSSY. Yang paling kentara adalah Istana Monsoon Palace di Udaipur, India. tempat tersebut digunakan sebagai tempat beristirahat musuh utama Bond, Kamal Khan.

Sementara Lake Palace di dekatnya diubah menjadi pulau dengan penjagaan ketat tempat penyelundup berlian Octopussy (Maud Adams). Desainer Peter Lamont menggabungkan sebuah kamar tidur luas, lengkap dengan ranjang perunggu berbentuk gurita, dan tembuk serta kusen yang disepuh. Sungguh glamor...

Muncul dalam film OCTOPUSSY (1983)

sumber: kapanlagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya