Senin, 21 Januari 2013

Air Banjir Jakarta Bisa Disulap Jadi Air Minum di Mobil Ini! Wow!

Mobil penjernih air buatan LAPI ITB yang didatangkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) siap melayani kebutuhan air bersih para korban banjir di Jakarta. Mobil serupa juga pernah digunakan saat terjadi tsunami Aceh.

Spoilerfor 1

Dibantu tentara, seorang petugas sedang memeriksa filter air dari bagian atap mobil. Mobil ini nantinya akan menyulap air banjir yang keruh, menjadi air bersih. Secara teknis air yang keluar bisa langsung diminum, tetapi tergantung pula pada kebersihan wadah penampungnya. (Foto: Uyung/detikHealth)


Spoilerfor 2

Penciptanya, Ir Rusnandi (berkemeja putih) dari LAPI ITB (Institut Teknologi Bandung) sedang memeriksa alat. Hanya dengan listrik 1.000 watt, mobil ini bisa menghasilkan 500 ribu liter air bersih tiap 24 jam. (Foto: Uyung/detikHealth)


Spoilerfor 3

Air yang akan disulap menjadi air bersih diambil dari sungai yang keruh ini. Banjir yang melanda kawasan Jatinegara, Jakarta Timur juga berasal dari luapan sungai ini. (Foto: Uyung/detikHealth)


Spoilerfor 4

Selain keruh, air sungai ini juga banyak tercemar oleh sampah. Arusnya cukup kuat sehingga banyak yang penasaran ingin melihat pusaran-pusaran air yang terbentuk di permukaannya. (Foto: Uyung/detikHealth)


Spoilerfor 5

Dengan kemampuan produksi 500 ribu liter air bersih tiap 24 jam, mobil ini diperkirakan mampu melayani kebutuhan 30 ribu hingga 50 ribu pengungsi. (Foto: Uyung/detikHealth)


Spoilerfor 6

Selain pengungsi dan warga sekitar, korban banjir di wilayah lain yang membutuhkan air bersih juga dipersilakan datang untuk mengambil dari mobil ini. Beberapa mobil tangki dari Kementerian PU akan membantu mendistribusikannya. (Foto: Uyung/detikHealth)


Spoilerfor 7


Pada musibah banjir di Jakarta kali ini, ada 2 mobil penjernih air yang didatangkan dari LAPI ITB. Salah satunya ditempatkan di RW 03 Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. (Foto: Uyung/detikHealth)


Setelah ada mobil ini mudah-mudahan ga akan ada yang kekurangan air bersih lagi. Mudah-mudahan banjir segera berakhir ya gan, sedih ane liatnya apalagi yang di Karawang, banjirnya deres banget udah kaya tsunami aja 

SUMBER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya