Selasa, 29 Januari 2013

Makanan Para Astronot Dalam 50 Tahun Terakhir

Makanan Para astronot AS dikembangkan oleh NASA Space Sistem Pangan Laboratorium (SFSL).
makanan luar angkasa khusus diciptakan dan diproses untuk konsumsi oleh astronot di luar angkasa. Makanan harus memenuhi persyaratan khusus memberikan gizi seimbang bagi kesehatan individu yang bekerja di ruang angkasa,mudah diolah dan aman untuk disimpan,serta mudah dikonsumsi dalam lingkungan gravitasi rendah. Dalam beberapa tahun terakhir, makanan ruang angkasa telah digunakan oleh berbagai bangsa yang terlibat dalam program ruang angkasa sebagai cara untuk berbagi dan mereka memamerkan identitas budaya dan memfasilitasi komunikasi antar budaya.

Fakta yang menarik : Selama di ruang angkasa para astronot cuma bisa merasakan 2 rasa dalam makanan, pedas dan penuh bumbu. sebab cuma 2 rasa itu aja yang ada pada makanannya.
Nih gan bentuk makanannnya, ada yang pernah nyobain





Spoilerfor SPACE FOOD


Quote:Mercury

Astronot di misi Mercury tidak menyukai makanan yang disediakan. Mereka makan kubus 'bite size', serbuk beku-kering, dan pasta dalam tabung. Para astronot kesulitan dalam memakan makanan,dan berkata 'seperti makan remah-remah'

Gemini

Tabung makanan pada misi-misi sebelumnya telah ditinggalkan. Menu juga diperluas dan mencakup item seperti udang,ayam,cocktail,sayuran,roti bakar, puding dan jus apel.

Peristiwa unik terjadi dalam misi ini. salah satu awak Gemini III menyelinapkan sandwich kornet pada spaceflight mereka. Komandan misi Gus Grissom sangat menyukai sandwich kornet daging sapi, jadi Pilot John Young membawa satu paket sandwich dalam penerbangan mereka,para astronot seharusnya tidak membawa makanan sendiri karena takut menimbulkan masalah,dan akhirnya ramah-remah roti menimbulkan masalah potensial,kemudian Sidang kongres NASA memberi sanksi kepada Grissom.


Spoilerfor SPACE FOOD

Quote:Apollo

Berbagai pilihan makanan terus mengembangkan untuk misi Apollo . Ketersediaan air panas mulai ada di misi ini, para astronot dapat membuat dehidrasi 'beku-kering' (makanan instan) makanan sederhana, dan menghasilkan hasil yang lebih mengundang selera. Sendok dan mangkuk juga dipakai untuk praktek makan lebih normal. Makanan dapat disimpan dalam kontainer khusus zip- plastik, dan kelembaban yang memungkinkannya untuk menempel pada sendok.



Spoilerfor SPACE FOOD

Quote:Skylab

Ruang yang lebih besar di Skylab memberikan tempat untuk lemari es dan memungkinkan menu seperti produk daging olahan dan es krim dapat dibawa. Sebuah ruang makan meja dan kursi, diikat ke lantai dan dilengkapi dengan hambatan kaki dan paha, juga tersedia baki yang bisa menghangatkan makanan yang memiliki magnet untuk menahan peralatan makan agar tidak melayang dan gunting untuk membuka wadah makanan.Kru menemukan makanan yang lebih baik di Apollo dibandingkan misi-misi sebelumnya, tapi mereka masih biasa-biasa saja karena gravitasi rendah dapat menumpulkan indra perasa dan penciuman,sehingga ada perbedaan rasa makanan ketika di luar angkasa dan di bumi.


Spoilerfor SPACE FOOD


Spoilerfor SPACE FOOD


Spoilerfor SPACE FOOD


Spoilerfor SPACE FOOD


Spoilerfor SPACE FOOD


Spoilerfor SPACE FOOD




SUMBER
SUMBER
SUMBER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya