Senin, 28 Januari 2013

Item Filateli Langka! Perangko dan Cap Ratu Victoria Terbalik.


Sebuah cap berumur 159 tahun yang langka memiliki gambar kepala Ratu Victoria terbalik setelah kesalahan dalam pencetakan muncul untuk dijual untuk 70.000 pound.
Perangko ini dikatakan salah satu item yang paling dicari dalam dunia filateli. Selama pencetakan pertamanya  dari cap annas ini yang terdaftar di kantor survei di Kalkuta pada 1854, kepala Ratu tak sengaja dicetak terbalik di cap.
Kesalahan yang  tanpa diketahui ini dan puluhan perangko yang dijual di India, yang merupakan permata di mahkota Kerajaan Inggris pada saat itu.
Hanya sekitar 20 atau 30 dari perangko ini tetap eksis sampai saat ini dan salah satu yang akan dilelang yang dikatakan benar-benar bebas dari kesalahan atau cacat.
Yang satu ini adalah koleksi dari seorang kolektor Filatelis terkenal AS Robert Cunliffe yang selama bertahun-tahun mengguluti hobi ini dan sekarang sedang dijual kepada kolektor pribadi yang lain.
David Parsons seorang spesialis cap di rumah Spink, mengatakan "Ini adalah cap sangat langka, salah satu dari sekitar 25 contoh yang dikenal di dunia.
Keempat annas cap adalah salah satu multi-warna perangko pertama di dunia pada saat itu. Garis tersebut dicetak dengan warna merah dan kepala Ratu Victoria berada di biru dan ditambahkan dalam bingkai.
Perangko tersebut dicetak dalam waktu 12 sampai lembar dan lebih dari 206.000 perangko diproduksi. Diperkirakan kesalahan dibuat pada tiga lembar.
Lelang akan  berlangsung pada 23 Januari 2013.


• Karena salah cetak tersebut, cap sangat dicari karena jarang dibandingkan perangko dengan gambar yang benar


• cap akan dilelang di rumah Spink of London dan diperkirakan akan mencapai sekitar £ 70.000

(Daili Mail | YhWp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya