Selasa, 22 Januari 2013

Cara Menghilangkan Jet Lag Setelah Berpergian Dengan Pesawat




Setelah anda melakukan penerbangan panjang , biasanya anda akan mengalami kesulitan tidur atau bangun pagi lebih awal. Sindrom ini biasa disebut dengan Jetlag. Anda akan mengalami kelelahan, sakit kepala, merasa lebih emosi, sulit berkonsentrasi bahkan malah mungkin perut anda terasa bermasalah.

Jetlag biasanya dialami karena anda mengalami perubahan transisi cepat antara zona waktu yang berbeda. Perbedaan waktu ini membuat jam biologis tubuh menjadi bingung. Dan setiap orang mendapatkan efek jetlag berbeda-beda, umumnya semakin tua, anda dapat mengontrolnya, demikian juga biasanya wanita lebih kuat mengatasi jetlag.

Tidak ada obat atau pengobatan untuk jet lag, tapi anda dapat mengurangi efeknya, berikut tips mengatasi jetlag :   

1. Persiapkan diri anda.

Mempersiapkan diri anda minimal tiga hari sebelum melakukan penerbangan panjang. Di hari H saat melakukan penerbangan, baiknya anda tidak makan terlalu banyak dan pilihlah makanan yang mudah dicerna.

2.Banyak minum

Hindari dehidrasi karena dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama dari jetlag. Dehidrasi disebabkan juga karena ketinggian , pengering udara dan pendingin udara di pesawat. Jadi pastikan anda cukup minum.

3. Hindari kafein dan alkohol
Lebih baik anda tidak mengonsumsi kopi atau minuman berkafein serta alkohol selama perjalanan panjang.

4. Sesekali melakukan perenggangan

Lakukan perenggangan kaki, tangan,leher dan punggung setiap dua jam sekali. Anda juga bisa gunakan waktu perenggangan ketika akan ke kamar kecil dengan berjalan. Biasanya petunjuk perenggangan ditampilkan di layar tivi di pesawat.

5. Atur Waktu ketika anda mendarat.

Set waktu di jam tangan anda dengan menyesuaikan dengan waktu lokal segera mungkin. Ini juga untuk memberitahu pada tubuh anda bahwa waktu sudah berubah dan disesuaikan. Dengan demikian tubuh mendapatkan pemberitahuan sehingga tidak kaget. Pastikan juga anda mendapatkan istirahat cukup ketika dalam penerbangan.

6. Gunakan obat jika diperlukan

Melatonin adalah hormon alami yang akan mengurangi efek jet lag. Anda bisa konsultasikan ini dengan dokter anda sebelum melakukan perjalanan. Tapi jika anda sudah mempersiapkan diri dengan baik dan melakukan tips diatas, rasanya obat tidak lagi diperlukan.

-susi dwi hanifah-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya